75% Siswa SMAN 1 Gegesik Cirebon Masuk Kampus Negeri Dapat Beasiswa

75% Siswa SMAN 1 Gegesik Cirebon Masuk Kampus Negeri Dapat Beasiswa

LULUSAN. Lulusan SMAN 1 Gegesik yang lanjut kuliah tergolong tinggi. Pada tahun 2023, SMAN 1 Gegesik meluluskan 340 siswa dan 210 di lanjut ke perguruan tinggi. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Meski berlokasi di ujung Kabupaten Cirebon, SMAN 1 Gegesik tetap menunjukan kontribusi luar biasa pada dunia pendidikan di desa-desa.

Tak hanya fokus pada tingginya tingkat kelulusan siswa, SMA berjuluk Smangges ini juga suskses menghantarkan mereka lanjut ke perguruan tinggi.

Wakil Kepala SMAN 2 Gegesik Bidang Kurikulum, Agus Salim SSi MPd mengatakan, para siswa diberi pemahaman yang komprehensif mengenai pentingnya pendidikan tinggi.

Hasilnya, semangat belajar siswa meningkat. Motivasi untuk lulusan sekolah dan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi juga meroket.

Hal itu terlihat dari presentase lulusan yang lanjut kuliah. Dikatakan Agus, pada tahun 2023, SMAN 1 Gegesik meluluskan 340 siswa dan 210 di lanjut ke perguruan tinggi.

"Dari 210 siswa itu 180 di antaranya keterimanya di perguruan tinggi negeri. Dari 180 itu 75% nya menggunakan beasiswa," jelas Agus kepada Rakyat Cirebon.

Dijelaskan Agus, tingginya presentase lulusan SMAN 1 Gegesik masuk ke perguruan tinggi hasil dari bimbingan para guru dan dorongan orang tua.

Ditambah adanya bekal informasi yang cukup tentang pilihan perguruan tinggi yang akan dipilih melalui UnivDay yang digelar SMAN 1 Gegesik setiap tahun.

"Kenapa mereka bisa dapat beasiswa karena mereka mendapat informasi yang cukup tentang perguruan tinggi dari UnivDay ini," jelas Agus.

Tahun ini, UnivDay SMAN 1 Gegesik digelar pada pertengahan Januari. Ada 44 perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik serta lembaga pelatihan kerja dan bahasa.

Mereka mempromosikan lembaga masing-masing kepada siswa agar tertarik masuk kuliah atau kursus.

"Yang hadir adalah siswa dari SMAN 1 Gegesik dan perwakilan SMA lain. Juga ada orang tua siswa supaya pemahaman mengenai perguruan tinggi dipahami juga oleh wali murid," kata Agus.

UnivDay juga sekaligus menjadi momen hiburan bagi siswa. Sebab ditampilkan live music dengan bintang tamu artis yang sedang hits. Seperti Masdddho.

Penyanyi asal Jawa Timur ini tengah digandrungi anak-anak mudah karena lagunya viral di TikTok.

Selepas pilih-pilih kampus, para siswa bisa bernyanyi dan joget bersam Masdddho yang membawakan lagu-lagu dangdut koplo berbahasa Jawa dan lagu popular lainnya. (wan)

Sumber: