IAIN Cirebon Terapkan Layanan Digital, Mudah Diakses Siapapun

IAIN Cirebon Terapkan Layanan Digital, Mudah Diakses Siapapun

PERESMIAN. Rektor IAIN Cirebon, Prof Dr H Aan Jaelani MAg didampingi para wakil, dekan dan unsur pimpinan lainnya meresmikan Cyber X UIN SSC, Selasa (23/1/2024). FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar Cyber X UINSSC sebagai bagian dari promosi kampus, Selasa dan Rabu (23-24/1/2024).

Kegiatan yang digelar di IAIN Cirebon Center (ICC) itu diikuti perwakilan siswa SMA/MA/SMK se Ciayumajakuning.

Rektor IAIN Cirebon, Prof Dr H Aan Jaelani MAg didampingi para wakil, dekan dan unsur pimpinan lainnya hadir dalam kegiatan tersebut.

Seluruh fakultas dan pascasarjana IAIN Cirebon membuka stand untuk mengenalkan seluruh program studi yang ada di dalamnya kepada peserta.

Menariknya, disediakan pula sejumlah educative games untuk peserta yang sudah isi daftar hadir secara digital. Lalu kumpulkan poin untuk mendapatkan souvenir.

Dalam sambutannya, Aan Jaaleni mengapresiasi pelaksa Cyber X UIN SSC. Kegiatan tersebut bagian dari rangkaian Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-78.

Dijelaskan Aan, Kementerian Agama mendukung penuh pengembangan IAIN Cirebon. Bahkan, IAIN Cirebon dijadikan pillot project kampus digital.

Hal itu tertuang Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 860/2022 tentang Penetapan Institut Agama Islam Negeri Syeikh Nurjati Cirebon sebagai Pilot Project Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis Siber.

"Pak Menteri (Yaqut Cholil Qoumas) tidak hanya memberikan KMA tapi support yang luar biasa dalam menghadirkan perguruan tinggi yang layanannya cepat dan murah," jelas Aan.

Hal itu didukung oleh konsep Open Islamic Education Resourchs yang mengharuskan semua layanan berbasis digital. "Maka siapa saja, dari mana saja harus bisa mengakses IAIN Cirebon," jelas Aan.

Menurut Aan, layanan digital IAIN Cirebon harus sudah diaplikasikan ke semua bidang sejak tahun ini. "Bahwa seluruh ruangan saat kita masuk harus pakai digital. Tidak diperkenan lagi di ruang fakultas dan rektorat ada kerumunan," katanya.

Ketua Pelaksana Cyber X UIN SSC, Erfan Gazali MSi mengatakan, selain untuk mempromosikan, kegiatan teresebut juga untuk memperkuat posisi IAIN Cirebon sebagai kampus digital.

"Inilah persiapan kita dalam menyambut peresmian dari Bapak Presiden untuk meresmikan Cyber Islamic University di IAIN Cirebon ini," pungkas Erfanm (wan)

Sumber: