Timnas Indonesia Pernah Kalahkan Jepang 7-0

Timnas Indonesia Pernah Kalahkan Jepang 7-0

Timnas Indonesia--

RAKYATCIREBON.ID, DOHA—Indonesia akan menghadapi ujian tersulit malam nanti untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2024. Bahkan, mungkin tidak akan ada yang berani memprediksi Indonesia bakal menang.

Wajar. Rangking FIFA kedua negara sangat timpang. Begitu juga level skuat. Jepang seperti diketahui dihuni bintang-bintang Eropa yang bermain di klub raksasa seperti Liverpool, Arsenal, AS Monaco, hingga Brighton & Hove Albion.

Ini akan menjadi pertemuan pertama Indonesia dan Jepang di Piala Asia. Akan tetapi, kedua negara sudah pernah berjumpa 17 kali.

Dalam periode itu, Jepang sangat superior dengan 11 kemenangan berbanding tiga keunggulan Indonesia. Tiga laga lainnya berakhir imbang.

Pada pertemuan terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 1990, Indonesia dan Jepang bermain imbang 0-0 di Jakarta pada Mei 1989. Sementara di pertemuan kedua di Hiroshima yang berlangsung pada 11 Juni 1989, Jepang menang 5-0.

Indonesia terakhir kali mengalahkan Jepang di Turnamen Merdeka 1968. Saat itu, Indonesia menang 7-0. Sebelum itu, pada laga Grup B Asian Games 1954 yang berlangsung 1 Mei 1954, Indonesia menang 5-3 José Rizal Memorial Stadium, Manila.

Runner up Grup D akan berhadapan dengan runner up Grup E yang kemungkinan adalah Jordania atau Korea Selatan. Sedangkan tim peringkat ketiga terbaik, jika masuk empat besar di antara enam grup, akan berhadapan dengan tuan rumah Qatar atau Australia yang menjadi juara Grup A serta B. (amr)

Sumber: