Gedung Balaikota Bakal Disulap Jadi Museum

Gedung Balaikota Bakal Disulap Jadi Museum

Bangunan Balaikota Cirebon yang masuk dalam cagar budaya bakal disulap menjadi museum topeng wong. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Tahun 2024 ini, nampaknya Pemkot Cirebon bakal menggenjot angka kunjungan pariwisata, yang muaranya bakal berujung pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Diabudpar), Kota Cirebon tengah mempersiapkan lima destinasi wisata baru, untuk segera dibuka sehingga bisa menyedot wisatawan lokal, maupun mancanegara.

Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya menyebutkan, lima destinasi wisata yang tengah dipersiapkan adalah museum topeng wong yang akan disiapkan di gedung Balaikota Cirebon, kampung wisata Kacirebonan, kawasan gedung bundar di taman Kebumen, kampung arab di Kelurahan Panjunan serta wisata heritage gedung BAT.

"Tahun ini (2024. Red) kami akan meluncurkan destinasi wisata baru, perpaduan antara wisata budaya dan sejarah di Kota Cirebon," ungkap Agus.

Saat ini, lanjut Agus, persiapan terus dilakukan, dan dari beberapa destinasi wisata tersebut, ada yang masih dalam proses renovasi, seperti gedung Bundar di taman Kebumen, museum topeng wong di Balaikota Cirebon dan wisata heritage Gedung BAT.

"Di gedung bundar taman Kebumen banyak vandalisme dan rumput liar, nanti akan kita bersihkan. Untuk museum topeng wong di Balaikota Cirebon, kami sudah koordinasi dengan seniman untuk membuatnya. Sedangkan untuk wisata heritage gedung BAT, itu kelola oleh swasta," lanjut Agus.

Sementara untuk dua destinasi baru lainnya, yakni kampung Arab di Panjunan dan kampung wisata Kacirebonan, saat ini sedang dalam proses penyempurnaan, dimana dua destinasi wisata tersebut sudah mulai dirintis sejak tahun 2023.

"Kampung Wisata Kacirebonan sudah siap dikunjungi, hanya ada sedikit yang harus dipoles. Kampung Arab di Panjunan juga sama," ujar Agus.

Terus dikebut, dijelaskan Agus, lima destinasi wisata baru, yang digadang-gadang menjadi wisata unggulan Kota Cirebon tersebut, ditargetkan selesai dan bisa dilaunching pada momentum Hari Jadi ke-597 Cirebon, yang bakal jatuh pada bulan Juli mendatang.

Adanya destinasi wisata baru ini, diharapkan Agus bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

"Tapi semuanya kembali kepada proses pengerjaannya. Kami optimis apa yang sudah menjadi target bisa tercapai. Semoga Kota Cirebon menjadi rujukan wisata bagi wisatawan yang tengah berkunjung ke Jawa Barat," imbuh Agus. (sep)

Sumber: