520 Personil Gabungan Siap Amankan Pemilu

520 Personil Gabungan Siap Amankan Pemilu

Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi saat mengecek kesiapan pasukan yang akan bertugas pada Pemilu 2024--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Tahapan Pemilu akan segera mencapai klimaksnya, dimana pada hari Sabtu (10/02) akhir pekan lalu, tahapan kampanye sudah selesai, dilanjut dengan tahap masa tenang selama tiga hari menjelang hari pencoblosan 14 Februari mendatang.

Empat hari jelang pencoblosan, apel siaga dalam rangka persiapan Pemilu serentak tahun 2024 pun digelar didepan Balaikota Cirebon.

Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi memimpin langsung apel siaga dihadiri sejumlah Forkopimda, unsur penyelenggara Pemilu, pasukan TNI/Polri hingga personel Satpol PP Kota Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut, Agus menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran Pemda Kota Cirebon, serta stakeholder terkait yang sudah berkontribusi, serta memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu nanti.

"Kami menyampaikan terima kasih krpada semua pihak yang sudah bersinergi selama menjalani seluruh tahapan Pemilu, sampai hari ini menjelang tahapan-tahapan akhir," ungkap Gusmul.

Pemprov Jawa Barat, lanjut Agus, pada Pemilu 2024 ini menggulirkan "Jabar Anteng", dimana sebagai bentuk perwujudannya.

Gusmul mengajak seluruh elemen di Kota Cirebon, untuk bersama-sama mewujudkan situasi yang aman, netral, dan tenang selama pelaksanaan Pemilu 2024, khususnya di Kota Cirebon.

"Semoga, apel ini ini menjadi gambaran atas kesiapan kita semua untuk terlibat aktif menyukseskan penyelenggaraan hajat nasional ini sesuai dengan peran dan kapasitas kita masing-masing," ujar Agus.

Ditambahkan Agus, pada masa tenang ini, ada PR yang harus diselesaikan bersama, sehingga ia mengajak untuk bersinergi dan berkoordinasi terkait pelaksanaan masa tenang Pemilu.

Pada masa tenang, unsur terkait dan peserta Pemilu, harus sama-sama memastikan bahwa Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang, diturunkan sehingga estetika Kota Cirebon kembali muncul.

"Semata-mata untuk memastikan bahwa masa tenang Pemilu 2024 betul-betul terlaksana sebagaimana mestinya," kata Gusmul.

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Rano Hadiyanto menambahkan, untuk pelaksanaan Pemilu nanti, Polres Cirebon Kota sudah menyiapkan 270 personil untuk pengamanan, dan jumlah tersebut belum termasuk personel dari instansi lainnya.

"Ditambah dengan satgas, total 520 personil. Seluruh personil dibagi ke beberapa jenis TPS, ada kategori kurang rawan, rawan, dan sangat rawan. Ditambah juga 100 personil TNI yang disiapkan Kodim 0614/ Kota Cirebon untuk siaga selama pelaksanaan Pemilu," tambah M Rano. (sep)

Sumber: