PD DMI Kota Cirebon Serukan Pemilu Damai

PD DMI Kota Cirebon Serukan Pemilu Damai

PEMILU DAMAI. Sehari jelang pemungutan suara pemilu 2024, Ketua Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kota Cirebon, Didi Sunardi SE serukan pemilu damai. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sehari jelang pemungutan suara pemilu 2024, Ketua Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kota Cirebon, Didi Sunardi SE serukan pemilu damai. 

Hal itu ditegaskan Didi guna mengajak masyarakat tetap rukun sampai proses pemilu selesai. Menurut Didi, peran tokoh agama sangat dibutuhkan dalam memberikan nasihat tentang kesatuan dan persatuan.

"Bahwa pemilu Rabu 14 Februari 2024 sudah semakin dekat, oleh karena itu PD DMI Kota Cirebon menyampaikan imbauan kepada seluruh ketua DKM masjid dan mushola se Kota Cirebon," jelas Didi kepada Rakyat Cirebon.

Imbauan PD DMI Kota Cirebon itu antara lain menjaga kondusivitas jamaah dan sakralitas masjid dan mushola di wilayah masing-masing. "Dengan mencegah aktivitas politik praktis di masjid dan mushola," katanya.

Kemudian, jika terjadi gejala politisasi masjid dan mushola atau polarisasi pihak DKM agar segera bisa ditangani oleh Pengurus DKM dan berkoordinasi serta berkomunikasi dengan pihak berwenang di wilayah masing-masing. 

"Kami juga mendorong para Pengurus DKM Masjid dan Mushola untuk dapat mempedomani tentang Pedoman Ceramah Keagamaan yang di sampaikan oleh para penceramah, mubaligh atau khotib serta semua jamaah masjid mushola," tambah Didi.

Selain itu, Didi juga berpesan kepada para Pengurus DKM se Kota Cirebon tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta dapat menyampaikan kepada para jamaah di wilayah masing-masing.

Caranya, kata dia, bisa melalui pengeras suara untuk menyampaikan pesan pesan pemilu damai, persaudaraan dan menjaga kerukunan serta mendoakan kesuksesan pemilu 2024.

Bisa juga melalui kegiatan spiritual seperti dzikir, istighosah dan doa bersama pada Selasa (13/2/2024) malam di masjid mushola masing-masing. 

"Mudah mudahan imbaun ini dapat dilaksanakan dengan sebaik baiknya oleh seluruh Pengurus DKM Masjid dan Mushola se Kota Cirebon dalam menjaga kondusivitas di wilayah Kota Cirebon," kata dia. (wan)

Sumber: