Kabar Duka, Pegiat Tradisi dan Budaya Kang Jena Tutup Usia

Kabar Duka, Pegiat Tradisi dan Budaya Kang Jena Tutup Usia

Keterangan foto: DALAM KENANGAN. Aksi Sujena (kiri) dalam tayangan berita seni budaya di Radar Cirebon TV. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Pegiat tradisi dan budaya Sujena (atau lebih dikenal dengan panggilan Kang Jena) meninggal dunia. Diketahui Sujena menghebuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Mitra Plumbon, Cirebon, Sabtu (23/3/2024).

Syahdan, hal tersebut membuat beberapa sahabat dan rekan kerja terkejut. Selama ini Sujena aktif dalam acara tradisi dan budaya. Yakni Sujena giat dalam Kelompok Sadar Kebuyutan (Pokdaryut).

Beberapa tahun terakhir, bareng perhimpunan ini, Sujena telah mensosialisasikan dan mendokumentasikan tradisi, budaya, serta situs sejarah di sejumlah desa di Cirebon. Misalnya, makam para leluhur.

"Kemarin saya baru saja berjumpa Kang Jena. Hari ini saya merasa kehilangan. Dia sosok periang dan mempunyai minat pada tradisi dan budaya," ungkap R Hafid Permadi sebagai Ketua Pokdaryut.

Sujena berasal dari Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon. Desa atau kecamatan ini masyhur memiliki banyak seniman, serta pegiat tradisi dan budaya.

"Suasana desa banyak memberikan inspirasi dan motivasi bagi Kang Jena untuk mencintai tradisi dan budaya. Ia gemar pergi ke desa-desa untuk melihat tradisi dan budayanya," tutur Hafid. (wan)

Sumber: