6 Langkah Mudah Mengubah Penampilan Ruang Tamu untuk Menyambut Lebaran

6 Langkah Mudah Mengubah Penampilan Ruang Tamu untuk Menyambut Lebaran

Ide dekorasi ruang tamu menjelang lebaran. Foto: Pinterest/rakyatcirebon.disway.id--

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Salah satu tradisi perayaan Idulfitri di Indonesia adalah saling berkunjung ke rumah kerabat untuk bermusyawarah. Oleh karena itu, menjelang Lebaran banyak orang yang melakukan renovasi atau mendekorasi ulang rumahnya, terutama bagian ruang tamu. 

Namun, Anda tidak perlu merenovasi atau mendekorasi ulang rumah atau ruang tamu Anda untuk menyambut Lebaran mendatang. 

Cukup lakukan enam tips memperbarui ruang tamu untuk menyambut Lebaran dengan mendekorasi ulang rumah berikut ini, maka rumah Anda akan terlihat seperti baru! Tips ini tidak akan meminta Anda untuk membeli furnitur baru, sehingga dapat menghemat biaya.

Tips Desain Ruang Tamu untuk Lebaran

1. Menggunakan Wallpaper Dinding

Sebelumnya, dinding rumah biasanya dicat ulang menjelang Lebaran agar terlihat segar. Namun, hal ini memerlukan biaya dan waktu yang cukup banyak. Untuk menghemat waktu dan biaya, Anda dapat menggunakan wallpaper untuk dinding interior rumah Anda. 

Motif wallpaper yang beragam dapat membuat ruang tamu terlihat lebih menarik. Untuk variasi, Anda tidak perlu memasang wallpaper di seluruh bagian dinding. Cukup tempelkan di beberapa sisi dinding saja.

2.  Menambal Sofa yang Sobek

Sofa merupakan perabot utama di ruang tamu, sehingga sobekan atau goresan pada sofa dapat langsung terlihat oleh tamu. Alih-alih membeli sofa baru, Anda dapat menambal sobekan tersebut dengan renda. Pilih renda dengan motif yang apik dan warna yang senada dengan sofa Anda. Selain menutup sobekan, renda tersebut juga akan memperindah penampilan sofa ruang tamu.

3. Mengecat Ulang Meja Ruang Tamu

Meja ruang tamu yang sudah lama mungkin terlihat usang meskipun masih kokoh. Namun, Anda tidak perlu membeli meja baru. Anda dapat mengecat ulang meja tersebut untuk membuatnya terlihat lebih segar. Gunakan kombinasi warna cat yang berbeda untuk memberikan sentuhan baru pada meja Anda.

4. Memperbarui Bantal Sofa

Mengganti bantal sofa lama dengan yang baru dapat membuat ruang tamu terlihat segar dan baru. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk membeli bantal sofa baru, Anda dapat menghias bantal lama dengan renda, manik-manik, atau ornamen sulaman untuk memberikan tampilan yang berbeda.

5. Memajang Hiasan Dinding

Sumber: