Disdukcapil Pilih WFO 100 Persen, Besok Pelayanan Adminduk Kembali Dibuka

Disdukcapil Pilih WFO 100 Persen, Besok Pelayanan Adminduk Kembali Dibuka

Disdukcapil menerapkan sistem piket bagi pegawai ASN di lingkungannya selama masa libur lebaran dan cuti bersama, dan mulai WFO 100 persen pada tanggal 16 April. FOTO: IST/ RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID - Meskipun pemerintah mengeluarkan kebijakan terbaru terkait dengan masa libur lebaran dan cuti bersama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Di mana turun Surat Edaran (SE) bahwa untuk tanggal 16 dan 17 April ASN diperbolehkan untuk bekerja secara kombinasi.

Antara dengan sistem Work From Home (WFH) ataupun Work From Office (WFO), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon memastikan bahwa semua pegawai akan menerapkan sistem WFO.

Dengan demikian, maka pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) akan kembali dibuka pada tanggal 16 April.

BACA JUGA:Healing Time! Destinasi Wisata Ciwidey untuk Melepas Penat

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Plt Kepala Diadukcapil, Eli Haryati saat dikonfirmasi Rakyat Cirebon, Senin (15/04).

"Memang ada SE dari Menpan RB tentang WFH, tapi kita memilih untuk 100 persen WFO, karena pelayanan Adminduk harus langsung dari kantor," ungkap Eli.

Tak hanya akan mulai kembali membuka pelayanan Adminduk pada tanggal 16 April, lanjut Eli, selama libur lebaran dan cuti bersama kemarin.

Disdukcapil juga memberlakukan petugas piket untuk pegawainya, di mana selama masa tersebut, secara bergantian pegawai tetap ngantor, namun dengan pelayanan yang sedikit berbeda.

BACA JUGA:Wisata Kekinian Bandung: Rekomendasi Terbaik untuk Liburan!

Yang dibuka selama masa tersebut, petugas piket hanya memberikan pelayanan konsultasi seputar administrasi kependudukan.

"Kita kemarin terapkan piket, dan ada masyarakat yang datang bertanya seputar adminduk, jadi sifatnya hanya pelayanan informasi dan konsultasi," lanjut Eli.

Sesuai dengan arahan yang diberikan oleh Kemendagri, Disdukcapil memang hanya memberikan pelayanan informasi dan konsultasi selama masa libur lebaran dan cuti bersama, karena pada masa tersebut, dimanfaatkan oleh Disdukcapil untuk melakukan maintenance sistem dan jaringan.

"Selama kemarin tidak ada pelayanan pencetakan atau yang sifatnya mengakses jaringan, karena memang dilakukan maintenance sistem," jelas Eli.

Sumber: