PAN-Golkar Bertemu, Sepakat "Satu Perahu"

PAN-Golkar Bertemu, Sepakat

PAN dan Partai Golkar sudah bertemu, dan sepakat membuat satu poros koalisi untuk Pilkada Kota Cirebon 2024. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

*** Segera Ajak Gerindra-Demokrat untuk Bentuk Koalisi Indonesia Maju

 

CIREBON - Selain mulai gencar membuka penjaringan untuk mencari nama-nama potensial untuk maju, parpol-parpol di Kota Cirebon juga semakin intens membuka komunikasi dan melakukan penjajakan koalisi menjelang Pilkada 2024.

 

Setelah beberapa waktu lalu, Partai NasDem sudah membuka komunikasi dengan Partai Gerindra, dan bahkan sudah hampir menemui kata sepakat untuk berkoalisi, Sabtu (20/04) akhir pekan lalu, PAN juga mulai bertemu serius dengan Partai Golkar.

 

Sabtu sore, jajaran pengurus inti DPD PAN Kota Cirebon bersilaturahmi ke kantor DPD Partai Golkar Kota Cirebon.

 

BACA JUGA:Jafarudin Kembalikan Formulir di Hari Terakhir, Sungkem Dulu ke Orangtua

 

PAN yang dipimpin langsung Ketua DPD, Dani Mardani, disambut langsung oleh Ketua DPD Partai Golkar, Andrie Sulistio, yang juga didampingi para petinggi partainya.

 

Hasil dari pertemuan tersebut, PAN dan Partai Golkar bersepakat untuk berada dalam "satu perahu" pada Pilkada Kota Cirebon 2024, keduanya resmi berkoalisi untuk menghadapi Pilkada.

 

Kepastian membuat satu poros koalisi di Pilkada Kota Cirebon tersebut, sebagaimana diungkapkan masing-masing ketua dari dua partai tersebut usai bertemu dan menyamakan persepsi.

 

BACA JUGA:Kemendikbud Lakukan Pembedaan Jabatan Fungsional dan Jabatan Akademik

 

Ketua DPD PAN Kota Cirebon, Dani Mardani menyampaikan, selain datang dengan niat bersilaturahmi, kunjungan 'bilateral' pihaknya ke kantor DPD Partai Golkar, juga merupakan interuksi dari Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, yang menginteruksikan struktur partai sampai bawah untuk berkomunikasi dengan partai mitra di koalisi Indonesia Maju.

 

"Spiritnya adalah merajut silaturahmi sesama insan partai politik. Kami juga dalam rangka menjalankan intruksi dari partai kami masing-masing," ucap Dani. 

 

Dikatakan Dani, menghadapi Pilkada Kota Cirebon dan Pilgub Jawa Barat, partainya memang diinteruksikan segera berkomunikasi dengan partai Koalisi Indonesia Maju, dan dimulai dengan partai Golkar. 

 

"Hari ini kami menginisiasi pertemuan dengan Golkar, berikutnya dengan Gerindra dan Demokrat, bahasannya menghadapi Pilkada Kota Cirebon dan Pilgub Jawa Barat. Hasil pertemuan dengan Golkar positif, kita sepakat membentuk satu poros koalisi," kata Dani.

 

BACA JUGA:Upaya IAIN Cirebon Tingkatkan Kolaborasi Halal, Bangun Kemitraan Riset Jangka Panjang

 

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon, Andrie Sulistio menyambut baik ajakan PAN untuk menyamakan persepsi, dan membentuk poros koalisi.

 

"Kami menyambut baik Ketua DPD PAN beserta pengurusnya. Alhamdulillah ternyata apa yang disampaikan gayung bersambut dengan interuksi ketua umum kami," ungkap Andrie.

 

Andrie mengataka, Partai Golkar dan PAN memiliki kesamaan, mulai dari tingkat ketua umum hingga ketua di tingkat daerah, terlebih ketua umum masing-masing, sudah menginteruksikan agar jajaran dibawah berkomunikasi dan saling menjajaki.

 

"Jadi, perintah dari ketua umum kami bahwa Koalisi Indonesia Maju harus tetap berlanjut hingga ke daerah se-Indonesia," jelas Andrie.

 

Setelah ini, ditambahkan Andrie, poros koalisi Golkar-PAN ini akan mulai membuka komunikasi dengan parpol-parpol lainnya di Kota Cirebon.

 

BACA JUGA:LG Motivasi Generasi Muda soal Gaya Hidup Berkelanjutan melalui Better Life Festival

 

Meskipun jika dianalisis, hanya dengan kursi Golkar dan PAN hasil Pemilu 2024, sudah cukup untuk mengusung satu pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Cirebon di Pilkada mendatang.

 

"Harapannya, kemenangan-kemenangan calon kepala daerah se-Indonesia tetap dari Koalisi Indonesia Maju. Kami juga sudah bersepakat akan mengunjungi Partai Gerindra dan Partai Demokrat, mitra koalisi Indonesia Maju lainnya," kata Andri. (sep)

Sumber: