Camat Ciwaru Berpesan Apdesi Tetap Sinergi dengan Forkopimcam

Camat Ciwaru Berpesan Apdesi Tetap Sinergi dengan Forkopimcam

PEMERINTAHAN. Camat Ciwaru Ade Bunyamin SE MSi menghadiri pelantikan DPK Apdesi Ciwaru periode 2024-2029, di balai Desa Citikur Kecamatan Ciwaru, Kamis (2/5).-ISTIMEWA/RAKYAT CIREBON -

RAKYATCIREBON.DISWAY.ID, KUNINGAN - Dewan Pimpinan Kecamatan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPK Apdesi) Kecamatan Ciwaru mengadakan musyawarah kecamatan (muscam) untuk membentuk kepengurusan yang baru di Balai Desa Citikur Kecamatan Ciwaru, Kamis (2/5).

Muscam DPK Apdesi dilaksanakan pukul 10.00 WIB dan dipimpin langsung Ketua DPK Apdesi Ciwaru Periode 2019-2024 Warman Adisaputra serta dihadiri oleh Camat Ciwaru Ade Bunyamin SE. MSi, Danramil Ciwaru Kapten Inf Nandang, perwakilan Polsek Ciwaru, para kepala desa se-Kecamatan Ciwaru, dan 5 orang delegasi perangkat desa untuk setiap desa di Kecamatan Ciwaru.

Pelaksanaan muscam hanya memunculkan seorang kandidat berdasarkan usulan dari delegasi desa yang hadir, yaitu kepala Desa Citundun Taswan Sumandi. Sehingga musyawarah menyatakan secara aklamasi untuk menunjuk Kepala Desa Citundun tersebut menjadi Ketua DPK Apdesi Ciwaru Oeriode 2024-2029.

Lain halnya jika calon lebih dari 1 orang, maka akan dilaksanakan pemungutan suara (voting) berdasarkan kehadiran peserta musyawarah. Untuk kepengurusan lainnya ditunjuk oleh Ketua dan menghasilkan komposisi pengurus DPK Apdesi Ciwaru periode 2024-2029.

Ketua DPK Apdesi Taswan Sumandi kemudian memilih Kepala Desa Sumberjaya Edi Hartono, sebagai wakil ketua. Taswan juga memilih sekretaris Kuspiyana yang menjabat sebagai Sekdes Cilayung, dan bendahara dipercayakan kepada Kades Baok, Supardi.

Camat Ciwaru, Ade Bunyamin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus DPK Apdesi Ciwaru periode sebelumnya yang telah melaksanakan tugas dan amanah dengan baik sampai dengan peralihan kepemimpinan.

"Kami juga menyampaikan ucapan selamat kepada Pengurus DPK Apdesi Ciwaru yang baru dipilih, semoga dapat mengemban amanah lebih baik lagi dan tetap menjaga sinergitas dengan Forkopimcam Ciwaru," ujar Ade.

Ade juga berharap DPK Apdesi bisa memberikan kontribusi positif dalam menyuarakan aspirasi masyarakat. Selain itu bisa merumuskan program-program pembangunan sesuai dengan kebutuhan, serta memperkuat sinergi antara pemerintah daerah, perangkat desa dan masyarakat.

Apdesi menurut Ade merupakan wadah bagi seluruh kepala desa untuk saling bertukar pikiran dan pendapat, baik dalam membangun desa maupun menyelesaikan isu dan permasalahan yang ada di desa.

“Desa dipimpin oleh kepala desa, oleh karena itu jika seluruh kades di Ciwaru kompak dan satu visi misi, insyaallah bisa membawa Ciwaru maju dan lebih baik lagi,” tutur Ade

Sementara ketua DPK Apdesi Ciwaru periode 2024-2029, Taswan Sumandi berharap DPK Apdesi dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan penuh dedikasi. Berpegang teguh pada prinsip-prinsip kejujuran, transparansi serta partisipasi aktif masyarakat.

"Kami juga mengajak untuk terus meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri guna menghadapi tuntutan perkembangan zaman," pungkasnya. (iim)

Sumber: