Ayu Keluar, Peluang Imron-Yoga Dipasangkan Menguat

Ayu Keluar, Peluang Imron-Yoga Dipasangkan Menguat

PELUANG. Imron dan Yoga berpeluang dipasangkan sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Cirebon pasca mundurnya Ayu. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Peluang Imron dan Yoga Setiawan sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon menguat pasca keluarnya Hj Wahyu Tjiptaningsih atau Ayu dari Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon.

Itu ditegaskan pengamat politik Cirebon, Wahyono kepada Rakyat Cirebon, Rabu 12 Juni 2024. Keluarnya Ayu, membuka peluang bagi Imron untuk dicalonkan sebagai Bupati Cirebon. Pun demikian dengan Yoga, yang telah mendaftar sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) dari PDIP, untuk mendapatkan rekomendasi.

Pasalnya, ketika masih ada wacana PDIP mengusung pasangan Imron-Ayu atau Ayu-Imron, peluang Yoga tertutup. Tapi dengan daftarnya Ayu ke partai lain, peluang Imron untuk mendapatkan rekomendasi sangat besar. Termasuk Yoga sebagai Cawabup nya. 

"Karena dia (Yoga,red) sudah punya pengalaman sebagai anggota DPRD Kabupaten Cirebon," ungkapnya.

Adapun terkait wacana PDIP memasangkan Selly-Imron hal lumrah sebagai bagian dari dinamika politik. Namun, dirinya meyakini Selly tidak akan mau mengambil risiko untuk berkompetisi dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Cirebon.

"Selly kemungkinan besar akan memilih menjadi anggota DPR-RI hasil Pemilu tahun ini," katanya.

Dengan kondisi seperti itu, rekomendasi kemungkinan besar akan kembali diberikan kepada Imron. "Kalau PDIP meminta dari kader yang sudah terpilih menjadi anggota dewan, kemungkinan banyak yang tidak mau. Mau tidak mau pilihan kembali ke Imron," katanya.

" Tinggal Imron mencari wakilnya, dan Yoga yang sudah kenal lama, peluangnya sangat tinggi untuk dipilih sebagai Cawabup," lanjutnya.

Wahyono memprediksi, PDIP pada saat-saat terakhir tetap akan mengusung satu paket. Meskipun terdengar kabar bahwa DPC PDIP Kabupaten Cirebon akan berkoalisi, namun semua keputusan berada di tangan DPP.

Untuk Kabupaten Cirebon sendiri, suara PDIP masih cukup kuat, termasuk ketika mengusung calon bupati dan wakil bupati. "Pasangan Imron-Yoga itu cukup ideal. Tinggal komunikasi intens saja antara mereka dengan DPC dan DPP. Kalau ada kesamaan visi misi, saya kira tidak ada yang sulit dicapai," tambahnya.

Sementara itu, Bendahara DPC PDIP Kabupaten Cirebon, Rudiana SE MAP, mengakui bahwa semua bakal calon bupati dan wakil bupati Cirebon yang diusung PDIP mempunyai peluang yang sama, termasuk Yoga Setiawan.

Namun saat ini, survei sedang dilakukan oleh DPP untuk melihat seberapa besar kekuatan mereka nantinya. Setelah survei selesai, pasti akan ada keputusan apakah akan mengusung satu paket atau berkoalisi.

"Termasuk Yoga yang daftar sebagai Cawabup, dia punya kans yang cukup kuat juga. Tapi tunggu saja, semua keputusan ada di DPP," pungkasnya. (zen)

Sumber: