Hati-Hati, 7 Menu Sarapan Ini Bikin Gula Darah Naik

Hati-Hati, 7 Menu Sarapan Ini Bikin Gula Darah Naik

Donat-emaseptia-pinterest/RAKCER.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID – Memilih menu sarapan yang tepat sangat penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari. Menghindari makanan yang tinggi gula dan memilih alternatif yang lebih sehat dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Sangat penting untuk makan sarapan setiap pagi, tetapi jika Anda tidak ingin gula darah Anda melonjak tajam, Anda harus menghindari beberapa kebiasaan sarapan.

Rutinitas yang penting untuk mendapatkan energi setiap hari adalah sarapan. Untuk mendapatkan asupan nutrisi yang sehat, Anda harus mengonsumsinya juga.

Menurut NDTV (30/6), beberapa kebiasaan pola makan atau makanan sarapan tidak baik untuk kesehatan karena beberapa hal, seperti minum teh atau makan roti, dapat menyebabkan gula darah naik.

Berikut 7 menu sarapan Ini Bikin gula darah Naik

1. Sereal Manis

Sereal manis sering kali dianggap sebagai sarapan praktis dan cepat. Namun, sereal yang penuh dengan gula tambahan dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

Sebuah studi oleh American Heart Association menunjukkan bahwa konsumsi gula berlebih dari sereal manis dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

2. Roti Putih dengan Selai Manis

Roti putih memiliki indeks glikemik tinggi, yang berarti karbohidrat di dalamnya cepat diubah menjadi gula dalam darah. Ditambah dengan selai manis yang tinggi gula, kombinasi ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam.

Menurut Harvard School of Public Health, mengonsumsi roti putih secara rutin dapat meningkatkan risiko resistensi insulin.

3. Pancake dan Sirup

Pancake yang terbuat dari tepung putih dan disajikan dengan sirup tinggi gula adalah kombinasi sarapan yang sebaiknya dihindari.

Tepung putih dan sirup dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Penelitian dari Mayo Clinic menyarankan untuk memilih pancake yang terbuat dari tepung gandum utuh dan menggunakan pemanis alami seperti buah-buahan segar.

4. Donat

Donat adalah salah satu makanan sarapan yang paling tidak sehat. Mengandung tepung putih, gula, dan lemak trans, donat dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan meningkatkan risiko obesitas.

The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak trans karena dapat meningkatkan kolesterol LDL (jahat) dan menurunkan kolesterol HDL (baik).

5. Minuman Kopi dengan Rasa

Minuman kopi yang diberi tambahan gula, sirup, dan krim dapat mengandung lebih banyak gula daripada yang kita kira. Minuman kopi rasa seperti frappuccino atau latte manis bisa mengandung lebih dari 50 gram gula per porsi.

Sebuah artikel di Journal of the American Medical Association menyatakan bahwa konsumsi minuman manis secara berlebihan dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik.

6. Muffin

Muffin, terutama yang dijual di toko-toko roti, sering kali mengandung gula dan lemak dalam jumlah besar. Meskipun terlihat seperti pilihan sarapan yang ringan, muffin dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

Sebuah studi oleh National Institutes of Health menyebutkan bahwa muffin yang tinggi gula dan lemak dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan dan risiko diabetes.

7. Smoothie dengan Gula Tambahan

Smoothie bisa menjadi pilihan sarapan yang sehat jika dibuat dengan bahan-bahan yang tepat. Namun, banyak smoothie yang dijual di pasar mengandung gula tambahan, seperti sirup atau yogurt manis.

Menurut American Diabetes Association, smoothie yang mengandung gula tambahan dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Disarankan untuk membuat smoothie sendiri di rumah dengan buah-buahan segar tanpa tambahan gula.

Sumber: