KPU Coklit Keluarga Keraton, Progres Coklit Sudah 85 Persen

KPU Coklit Keluarga Keraton, Progres Coklit Sudah 85 Persen

Keluarga keraton yang diwakili Patih Sepuh PR Goemelar Soeryadiningrat saat dicoklit aecara terbatas oleh petugas Pantarlih, Kamis (04/07). FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) menuju penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada di Kota Cirebon terus dilakukan oleh KPU.

 

Kamis (04/07) kemarin, petugas Pantarlih, dikawal langsung oleh para komisioner KPU Kota Cirebon, dengan monitoring langsung Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, Ahmad Nur Hidayat, melakukan coklit terbatas untuk keluarga Keraton Kasepuhan.

 

Petugas Pantarlih ditemui langsung oleh Patih Sepuh, PR Goemelar Soeryadiningrat.

 

BACA JUGA:Golkar-PAN-PKB Sepakat Koalisi, Segera Ajak Demokrat dan PPP

 

Koordiv Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Cirebon, Yogi Maulana Malik mengungkapkan, coklit terbatas yang dilakukan terhadap keluarga keraton Kasepuhan, yang diwakili oleh Patih Sepuh kemarin, merupakan bagian dari tahapan pemutakhiran data pemilih yang tengah dilaksanakan dalam satu bulan ini.

 

"Petugas Pantarlih tadi sudah melakukan pencocokan dan penelitian terhadap keluarga keraton untuk Pilkada serentak. Kedepan kita berharap coklit bisa berjalan lancar," ungkap Yogi.

 

Progres pemutakhiran data pemilih di Kota Cirebon sendiri, dijelaskan Yogi, saat ini data yang sudah selesai di coklit sudah mencapai 84 persen, dari jumlah dokumen DP4 yang diterima KPU dari Kementerian Dalam Negeri.

 

BACA JUGA:Jawab Desakan Kader, Imron Tegaskan PDIP Serius Ingin Berkoalisi

 

"Data coklit yang selesai, sudah 84 persen. Dari pemetaan awal TPS, ada 524 TPS di Kota Cirebon untuk Pilkada nanti, belum termasuk Rutan dan Lapas, kita masih mendata penghuni lapas, baru kita tentukan berapa TPS disana," jelas Yogi.

 

Pemutakhiran data pemilih sendiri, berlangsung selama 30 hari, dimulai aejak tanggal 24 Juni sampai tanggal 24 Juli mendatang.

 

Namun melihat capaian saat ini, Yogi optimis, dalam satu pekan ini, proses pencocokan dan penelitian data pemilih di Kota Cirebon bisa selesai.

 

BACA JUGA:Inspirasi Desain Rumah Paviliun yang Menawan dan Multifungsi Cocok untuk Lahan Tropis agar Sejuk

 

Terkait teknisnya sendiri, KPU menerjunkan satu petugas PPDP untuk mencoklit luasan TPS yang memiliki 400 pemilih, sedangkan untuk TPS diatas 400 pemilih, KPU menerjunkan dua petugas.

 

"Harapan minggu ini bisa 100 persen. Sementara ini capaian kita terbesar di Jabar," ujar Yogi.

 

Sementara itu, Patih Sepuh Keraton Kasepuhan, PR Goemelar Soeryadiningrat menyampaikan terima kasih atas kedatangan petugas Pantarlih, yang dikawal langsung oleh para komisioner KPU, untuk mencocokan dan meneliti keluarga keraton, sehingga nanti mereka bisa ikut menggunakan hak pilih untuk menentukan pemimpin, baik di Jawa Barat maupun di Kota Cirebon.

 

BACA JUGA:Jadi Kapten Timnas U-16, Berikut Profile Lengkap Putu Panji

 

"Terima kasih kepada petugas, kami menyambut baik. Keraton selalu mendukung program pemerintah, termasuk untuk Pilkada ini, dan untuk tempat pencoblosan, di lingkungan Keraton juga sudah biasa didirikan TPS," ungkap Goemelar.

 

Dengan sudah dicocokan dan diteliti oleh petugas, dipastikan Goemelar, keluarga keraton akan berpartisipasi dalam Pilkada nanti, dengan menggunakan hak suara sebaik-baiknya.

 

"Keluarga keraton masuk dalam DPT, dan kami akan memberikan suara pada Pilkada nanti. Keluarga besar keraton menyambut baik," kata Goemelar. (sep)

Sumber: