UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Gelar Wisuda, Rektor Harap Lulusan Mampu Beri Manfaat bagi Masyarakat Luas

UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Gelar Wisuda, Rektor Harap Lulusan Mampu Beri Manfaat bagi Masyarakat Luas

WISUDA. Rektor UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Prof Dr H Aan Jaelani MAg memimpin langsung prosesi Wisuda XXIX hari peratama, Selasa (30/7). FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

"Kolaborasi ini akan membuka peluang bagi mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan pengalaman internasional, serta memperkaya wawasan dan keterampilan mereka," ujarnya.

Aan melanjutkan, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon didirikan dengan satu tujuan mulia yakni memberikan akses pendidikan tinggi yang berkualitas kepada semua lapisan masyarakat.

Dalam dunia yang semakin digital ini, pendidikan tidak boleh lagi menjadi hak istimewa yang hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang. 

"Melalui pendekatan siber, kita membuka pintu lebar lebar bagi siapa saja yang memiliki semangat untuk belajar dan berkembang," sambung Aan.

Kampus siber adalah solusi inovatif untuk mengatasi berbagai kendala dalam memperoleh pendidikan tinggi, seperti keterbatasan geografis, biaya yang tinggi, dan waktu yang terbatas.

Dengan teknologi digital, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon mampu menghadirkan ruang kelas ke dalam rumah, di manapun berada. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk belajar dengan fleksibilitas yang lebih besar.

Aan berharap, para pasca menyandang gelar sarjana, para wisudawan menjadi agen perubahan yang mampu membawa kebaikan bagi masyarakat. Mampu menggunakan ilmu yang telah diperoleh untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan menghadapi tantangan global. 

"Ingatlah selalu bahwa kesuksesan bukan hanya tentang pencapaian pribadi, tetapi juga tentang bagaimana kita memberikan manfaat bagi orang lain," pungkas Aan.

Dekan FITK, Dr H Saifudin, M. Ag mengatakan, pihaknya berharap para mahasiswa yang diwisuda bisa berkiprah di tengah masyarakat.

"Semoga mereka bisa langsung bermanfaat di tengah masyarakat. Diharapkan juga mereka dapat menyongsong digitalisasi, bisa mengembangkan soft skill, serta bisa menginformasikan tentang UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon secara positif kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Dekan FUA, Dr Anwar Sanusi MAg menambahkan pasca lulus para wisudawan dapat langsung mengamalkan ilmunya untuk kemanfaatan masyarakat luas. 

Sebab tak hanya mendapatkan ilmu dari proses perkuliahan, para wisudawan juga dibekali dengan bimbingan karir yang disediakan programnya di setiap fakultas. Pembekalan ini sangat berguna secara praktis bagi para lulusan. 

"Harapan terbesar kita hampir di seluruh fakultas kita setelah proses sidang itu dari tiap fakultas mengadakan bimbingan karir mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan pasca mereka mendapatkan ijazah," pungkasnya. (wan)

Sumber: