Pasangan Idola jadi yang Pertama Daftar ke KPU, Siap Kompetisi Jujur dan Adil

Pasangan Idola jadi yang Pertama Daftar ke KPU, Siap Kompetisi Jujur dan Adil

PENDAFTARAN. Pasangan calon (paslon) walikota dan wakil walikota pada Pilkada Kota Cirebon, Effendi Edo dan Siti Farida jadi paslon pertama yang mendaftar ke KPU Kota Cirebon, Kamis (29/8/2024). FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Pasangan calon (paslon) walikota dan wakil walikota pada Pilkada Kota Cirebon, Effendi Edo dan Siti Farida jadi paslon pertama yang mendaftar ke KPU Kota Cirebon, Kamis (29/8/2024). 

Kedatangan paslon yang diusung Partai Golkar, PKB, Partai Demokrat dan PPP ini diiringi ratusan simpatisan dan relawan. Mereka mulai longmarch dari Jalan Cipto, Kota Cirebon sekitar pukul 08.00 WIB.

Paslon dan rombongan tiba di halaman gedung KPU sekitar pukul 09.00 WIB. Upacara penyambutan dilakukan menggunakan adat Cirebon yakni penampikan tari topeng klana dan lengger. 

Di gedung KPU, paslon yang berjuluk Idola ini menyerahkan berkas pendaftaran calon dan pencalonan serta melakukan penandatanganan visi-misi bersama Ketua KPU Kota Cirebon, Mardeko disaksikan komisioner Bawaslu Kota Cirebon, M Jauharudin dan para ketua partai pengusung. 

"Terimakasih banyak bahwa berkas kami bisa diterima. Mudah-mudahan kami berharap penyelenggara dan Bawaslu nya juga insya Allah mencalonkan dengan amanah dan adil," ujar Effendi Edo dalam sambutannya.

Edo mengapresiasi penyambutan paslon oleh KPU. Jika dibanding Pilkada sebelumnya, penyambutan paslon Pilkada 2024 jauh lebih baik. "Sehingga diharapkan dalam pelaksanaan Pilkada pun dapat lebih baik," ucap Edo. 

Edo berharap, Pilkada 2024 dapat diselenggarakan dengan proses demokrasi yang jujur dan adil. Sehingga kepala daerah yang terpilih merupakan harapan masyarakat Kota Cirebon.

"Sehingga dalam proses memilih seorang kepala daerah tentunya memilih seorang kepala daerah yang amanah dan adil," kata dia. 

Sementara itu Perwakilan Partai Pengusung Paslon Idola, Handarujati Kalamullah menjelaskan, dengan diusung 4 partai tersebut, Paslon Idola mendapat dukungan 13 kursi legislatif. 

Ditegaskan Andru, dukungan tersebut jadi modal penting bagi Paslon Idola dalam mengarungi Pilkada 2024. 

"Harapan kita bersama di hari ini idola baru masyarakat Kota Cirebon yang didukung 4 partai politik di Kota Cirebon bisa memenangkan Pilkada Kota Cirebon," kata politisi Partai Demokrat ini.

Di lokasi yang sama, Ketua KPU Kota Cirebon, Mardeko mengatakan ada dua berkas yang diserahkan untuk dilakukan verifikasi. Pertama ialah berkas calon berkaitan pesyaratan individu calon. 

Kedua ialah berkas pencalonan berkaitan dengan persyaratan paslon. Apabila dinggap kurang lengkap maka KPU memberi waktu untuk dilakukan penyerahan susulan. 

Informasi yang dihimpun Rakyat Cirebon, paslon selanjutnya yang mendaftar ke KPU ialah paslon Eti Herawati dan Suhendrik (Beres) yang diusung Partai NasDem, Partai Gerindra, PKS dan Partai Hanura pukul 13.00 WIB. 

Sumber: