Fraksi DPRD Belum Terbentuk hingga Saat Ini, Padahal Sudah Satu Bulan Ucap Sumpah

Fraksi DPRD Belum Terbentuk hingga Saat Ini, Padahal Sudah Satu Bulan Ucap Sumpah

Andrie Sulistio SE sebagai Ketua sementara DPRD Kota Cirebon-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Menjelang sebulan pasca prosesi pengucapan sumpah, sampai saat ini, para anggota DPRD masih belum bisa menjalankan fungsinya secara maksimal.

Pasalnya, sampai saat ini pembentukan fraksi-fraksi DPRD Kota Cirebon periode 2024-2029 masih belum bisa terlaksana. Belum semua fraksi di DPRD Kota Cirebon mendapatkan persetujuan atau rekomendasi partai asalnya.

Karena masing-masing partai memiliki mekanisme sendiri untuk memutuskan pembentukan fraksi DPRD. Ketua sementara DPRD Kota Cirebon, Andrie Sulistio SE mengungkapkan, semula pembentukan fraksi ditargetkan selesai akhir Agustus, namun meleset.

Padahal sebelumnya, pimpinan sudah menyurati partai asal para anggota DPRD untuk mengirimkan susunan anggota fraksinya. Namun, mekanisme dan pedoman organisasi masing-masing partai berbeda, ada yang penetapannya cukup di daerah, adayang harus penetapan oleh DPP partai.

“Misalnya saya di Golkar, untuk menentukan susunan fraksi, mekanismenya cukup dari DPD tingkat Kota Cirebon. Tapi, ada juga rekan-rekan dari partai lain, yang memerlukan persetujuan dari DPP. Golkar juga untuk SK Pimpinan DPRD, harus DPP,” tutur Andrie.

Dengan demikian, kata Andrie, lembaga DPRD menghormati mekanisme di partai masing-masing. Sehingga ketika persetujuan partai asal sudah turun, proses pembentukan fraksi-fraksi DPRD Kota Cirebon bisa dilakukan.

Sementara itu, Partai Gerindra menjadi salah satu partai yang penetapan fraksinya harus turun dari DPP.

Anggota DPRD Kota Cirebon asal Gerindra, Fitrah Malik SH membenarkan jika di partainya untuk menentukan susunan fraksi DPRD, memerlukan persetujuan dari DPP.

Terlebih untuk Gerindra, berhak atas satu kursi pimpinan DPRD. Sehingga pengusulannya dilakukan sepaket.

“Usulan dari bawah sudah disampaikan, tinggal menunggu persetujuan DPP turun. Karena kita sepaket, fraksi sama penetapan pimpinan,” kata Fitrah.

Sumber: