5 Buah yang Dapat Membantu Kulitmu Lebih Mulus dan Bebas Noda

5 Buah yang Dapat Membantu Kulitmu Lebih Mulus dan Bebas Noda

5 Buah yang Dapat Membantu Kulitmu Lebih Mulus dan Bebas Noda-FOTO:PINTEREST-RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Memiliki kulit yang mulus dan bebas noda adalah dambaan setiap orang, Beauties. Selain menggunakan skincare secara rutin, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah.

Buah ternyata mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Nah, jika kamu ingin kulitmu tetap mulus dan bebas noda, berikut ini beberapa buah yang bisa kamu konsumsi. Buah ini juga mudah ditemukan di pasar dan supermarket!

5 Buah yang Dapat Membantu Kulitmu Lebih Mulus dan Bebas Noda

1. Jeruk

Jeruk dianggap sebagai salah satu sumber vitamin C terbaik. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit. Lebih jauh lagi, vitamin C mendorong pembentukan kolagen, protein yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.

Jeruk mengandung beta karoten, yang membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV, mencegah kulit kusam dan bercak hitam. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menemukan bahwa konsumsi vitamin C secara teratur dapat meningkatkan kualitas kulit dan meminimalkan kerutan.

2. Lemon

Selain jeruk, lemon merupakan sumber vitamin C yang baik. Buah ini juga mengandung flavonoid dan asam sitrat, yang membantu menyeimbangkan warna dan tekstur kulit, sehingga kulit tampak lebih halus. Lemon mengandung asam sitrat, yang berfungsi sebagai eksfoliator alami untuk membantu mengangkat sel kulit mati.

Lemon mengandung vitamin C dan flavonoid, yang membantu mencerahkan kulit dan mengurangi bintik hitam. Lemon juga dapat membantu mengatur produksi minyak berlebih pada kulit, yang merupakan salah satu penyebab jerawat.

3. Stroberi

Stroberi mengandung kadar vitamin C dan asam alfa hidroksi (AHA) yang tinggi, yang keduanya baik untuk kulit Anda. AHA adalah asam alami yang membantu pengelupasan sel kulit mati, sehingga menghasilkan kulit yang lebih segar dan cerah.

Sementara itu, stroberi mengandung vitamin C, yang membantu menghilangkan bintik hitam dan meratakan warna kulit. Stroberi juga mengandung sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit.

4. Alpukat

Alpukat mengandung berbagai elemen yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, termasuk vitamin E, biotin, dan asam lemak penting. Vitamin E merupakan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara biotin dan asam lemak penting membantu menjaga kulit tetap lembap.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Dermatological Research, asam lemak esensial yang ditemukan dalam alpukat dapat meningkatkan hidrasi dan kekenyalan kulit. Mengonsumsi alpukat secara teratur juga dapat membantu merangsang pembentukan kolagen, yang dapat meningkatkan kekenyalan kulit dan mengurangi munculnya kerutan.

5. Tomat

Tomat mengandung banyak likopen, vitamin C, dan vitamin A, yang memberikan manfaat signifikan tidak hanya untuk kesehatan fisik tetapi juga kesehatan kulit. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Dermatology, likopen adalah antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV sekaligus memperbaiki tekstur kulit.

Vitamin A dalam tomat membantu meminimalkan produksi minyak berlebih dan mencegah jerawat. Vitamin C membantu mencerahkan kulit dan meminimalkan hiperpigmentasi.

Jadi, itulah beberapa buah yang dapat membantu Anda mendapatkan kulit halus dan bebas noda. Perlu diingat bahwa meskipun mengonsumsi buah merupakan proses alami, hasilnya tidak langsung terlihat.

 

Sumber: