5 Faktor yang Menyebabkan Kulit Kering

5 Faktor yang Menyebabkan Kulit Kering

5 Faktor yang Menyebabkan Kulit Kering-FOTO:PINTEREST-RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Xerosis atau yang sering dikenal sebagai kulit kering, adalah penyakit umum yang disebabkan oleh hilangnya kelembapan kulit. Kulit bersisik, mengelupas, dan gatal adalah beberapa gejalanya.

Jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan infeksi kulit. Siapa pun mungkin memiliki kulit kering seiring bertambahnya usia karena hilangnya kelenjar keringat dan minyak.

Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kulit kering. Agar terhidrasi, kita perlu minum setidaknya 8 gelas air setiap hari.

Menurut Health, kulit kering dapat disebabkan oleh berbagai penyebab selain dehidrasi. Yuk baca sampai selesai!

5 Faktor yang Menyebabkan Kulit Kering

1. Faktor Lingkungan

Paparan sinar matahari langsung yang berlebihan, penggunaan penghangat ruangan, dan terlalu lama berada di ruangan ber-AC dapat menyebabkan hilangnya kelembapan pada kulit.

Jika Anda harus bekerja di luar ruangan setiap hari, ingatlah untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di ruangan ber-AC, gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, pori-pori kita menghasilkan lebih sedikit sebum, yaitu minyak yang menutrisi dan melindungi kulit kita. Penurunan ini biasanya dimulai sekitar usia empat puluh tahun. Seiring bertambahnya usia, kadar sebum menurun, sehingga kulit menjadi lebih kering.

3. Membersihkan Kulit Secara Berlebihan

Pertimbangkan jenis sabun yang biasa Anda gunakan untuk membersihkan wajah dan tubuh. Hindari penggunaan sabun yang mengandung pewangi, antibakteri, atau alkohol, karena ketiga komponen ini dapat mengeringkan kulit Anda.

Saat membeli pembersih, pertimbangkan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, cobalah sabun bertekstur gel atau busa. Sabun dengan pelembap alami seperti lidah buaya dan minyak zaitun sangat ideal untuk kulit kering.

4. Mandi Terlalu Lama

Mandi akan membuat tubuh Anda terasa lebih rileks. Namun, mandi terlalu lama, terutama dengan air panas, dapat mengeringkan kulit Anda karena menghilangkan minyak alami yang dihasilkan oleh kulit Anda. Sebagai tindakan pencegahan, Anda dapat mengurangi waktu mandi menjadi kurang dari 10 menit.

5. Meroko

Menurut sebuah artikel ilmiah tahun 2019, zat-zat dalam rokok terbukti mempercepat penuaan kulit. Merokok juga dapat mengurangi kadar estrogen (hormon yang menjaga kulit tetap lembap dan kenyal), yang dapat mengakibatkan kulit kering.

 

Sumber: