Kepala LLDIKTI Lepas Mahasiswa Peserta Program MBKM Mandiri Kewirausahaan

Kepala LLDIKTI Lepas Mahasiswa Peserta Program MBKM Mandiri Kewirausahaan

PELEPASAN. Mahasiswa UGJ peserta Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri Kewirausahaan LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten dilepas, Jumat (18/10/2024). Pelepasan dilangsungkan di Auditorium FK UGJ. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

CIREBON – Mahasiswa UGJ peserta Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri Kewirausahaan LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten dilepas, Jumat (18/10/2024). Pelepasan dilangsungkan di Auditorium FK UGJ.

Program MBKM Mandiri Kewirausahaan bertujuan untuk membentuk generasi wirausaha muda yang inovatif dan siap bersaing di dunia bisnis dengan mengimplementasikan ide-ide kreatif di berbagai sektor industri.

Dalam sambutannya, Rektor UGJ, Prof. Dr. Ir. H. Achmad Faqih, S.P., M.M., IPU., CIRR., menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada LLDIKTI IV, karena telah mempercayai UGJ menjadi PIC program ini. 

“Kepercayaan ini merupakan bentuk penghargaan dan pengakuan atas komitmen kami di UGJ untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam mendukung pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Program MBKM Kewirausahaan ini sejalan dengan visi dan misi UGJ untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademik, tetapi juga memiliki keterampilan berwirausaha,” ujarnya.

Ketua Yayasan UGJ, Prof. Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs, M.Si., juga memberikan pesan khusus kepada para peserta. Ia menekankan pentingnya semangat inovasi dan pantang menyerah dalam menjalankan usaha. 

“Program ini merupakan peluang besar yang harus kita manfaatkan sebaik mungkin. MBKM Kewirausahaan adalah salah satu upaya penting dalam menjawab tantangan zaman, lulusan perguruan tinggi dituntut untuk memiliki kemampuan berwirausaha, berinovasi, dan berdaya saing tinggi,” ungkapnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. H. M. Samsuri, M.T., menyatakan pentingnya mempersiapkan mahasiswa dengan kemampuan berwirausaha sebelum mereka lulus.

“Kita ingin mendorong mahasiswa, sehingga nanti ketika mereka lulus kuliah, mereka sudah mempunyai bekal wirausaha. Hal ini sangat penting di era saat ini,” pungkasnya.

Program MBKM Mandiri Kewirausahaan ini diinisiasi oleh LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten dengan tujuan untuk mendukung penciptaan wirausahawan muda melalui pendekatan yang lebih mandiri dan aplikatif. Program MBKM Mandiri Kewirausahaan ini diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di wilayah ciayumajakuning.

Program MBKM Mandiri Kewirausahaan ini merupakan bagian dari komitmen UGJ dalam mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus dan memperoleh pengalaman langsung di dunia industri. Dengan adanya program ini, UGJ berharap bisa mencetak lebih banyak wirausahawan muda yang tangguh, kreatif, dan inovatif. (wan)

Sumber: