Pimpinan DPRD Kabupaten Cirebon Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Pimpinan DPRD Kabupaten Cirebon Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Prosesi Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Cirebon dalam Rapat Paripurna. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

PIMPINAN Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon periode 2024-2029 resmi dilantik. Kursi ketua DPRD akhirnya menjadi milik Dr Sophi Zulfia SH MH. Tiga wakil pimpinan lainnya, HR Hasan Basori SE MSi dari PKB, Hj Nana Kencanawati SPd dan Teguh Rusiana Merdeka SH dari Golkar.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji pimpinan DPRD Kabupaten Cirebon dilangsungkan dalam rapat paripurna, ruang Abhimata Paripurna, Gedung DPRD Kabupaten Cirebon, Rabu 23 Oktober 2024.

Ratusan tamu undangan termasuk perwakilan DPRD Provinsi Jawa Barat, Perwakilan Penjabat (Pj) Gubernur, Forkopimda, jajaran komisioner KPU, Bawaslu, unsur parpol, dan perwakilan keluarga turut hadir menyaksikan prosesi penetapan pimpinan DPRD tersebut.

Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Dr Sophi Zulfia SH MH menyebutkan banyak bahasan yang akan diambil usai dirinya dilantik sebagai ketua dewan. Dia meminta, sinergitas antara pimpinan dan anggota dewan. Ini supaya kinerja dewan bisa lebih fokus lagi dalam melayani masyarakat.

"Mari kita bekerja secara profesional untuk menciptakan sinergitas antara pimpinan dan anggota dewan," ungkapnya.

Sophi juga berharap ada kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif. Menurutnya, legislatif tidak bisa lepas dari peran eksekutif, begitupun sebaliknya. Kalau saja perannya bisa berjalan dengan tujuan membangun Kabupaten Cirebon yang lebih baik lagi, maka kinerja dua lembaga ini akan solid.

"Mari kita menjalankan fungsi masing-masing. Kita bangun Kabupaten Cirebon ke arah yang lebih baik lagi," ujarnya.

Penjabat Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya SH MH mewakili Pj Gubernur Jawa Barat, menyampaikan mengucapkan terimakasih, atas dedikasi dan pengabdiannya pada pimpinan dewan yang lama. Dia juga mengucapkan selamat atas dilantiknya pimpinan DPRD yang baru.

Dia berharap, ke depan ada kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif. Bagaimanapun, peran legislatif sangat besar dalam mendukung dan mengawasi kinerja eksekutif. Dengan sinergitas yang baik, maka pembangunan bisa berjalan dan pelayanan kepada masyarakat bisa maksimal. (zen)

Sumber: