KAI Daop 3 Cirebon Hadirkan Kereta Makan Premium untuk Tingkatkan Kenyamanan Penumpang

PREMIUM. Penumpang KAI sedang memesan makanan di salah satu kereta makan.-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID-
CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada para penumpang.
Salah satu inovasi terbaru yang dihadirkan adalah Kereta Makan (M1) berstandar premium, hasil pengembangan Balai Yasa Tegal, yang kini dirangkaikan dengan KA Cakrabuana (Gambir – Cirebon – Purwokerto PP) dan KA Gunungjati (Gambir – Cirebon – Semarangtawang Bank Jateng PP).
Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin mengungkapkan, kehadiran Kereta Makan ini merupakan upaya untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan dan berkesan bagi pelanggan.
“Kereta Makan ini tidak hanya sekadar tempat makan, tetapi juga menjadi bagian dari upaya untuk menciptakan perjalanan yang lebih menyenangkan dan berkesan bagi pelanggan. Dengan desain interior yang mewah dan fasilitas lengkap, kami ingin memberikan standar pelayanan yang lebih tinggi,” ujar Muhib.
Kereta Makan premium ini, kata Muhib, dirancang dengan konsep mewah dan fungsional. Ruang makan dibuat lebih luas dengan tata letak ergonomis, dilengkapi kursi sofa premium yang nyaman serta meja makan simpel yang tetap elegan.
“Interior kereta menampilkan nuansa “classic brown” yang dipadukan dengan elemen kayu, menciptakan suasana hangat dan elegan. Ornamen batik pada panel dinding dan plafon menambah sentuhan kearifan lokal khas Indonesia,” katanya.
Selain kenyamanan, Muhib menambahkan, aspek keamanan dan kebersihan juga menjadi perhatian utama.
“Material yang digunakan untuk interior Kereta Makan ini bersifat tidak mudah terbakar, anti bakteri, dan mudah dibersihkan,” tambahnya.
Menambah kenyamanan selama perjalanan, Kereta Makan ini juga dilengkapi fasilitas mushola atau ruang ibadah. Dirancang secara elegan dengan ornament mihrab, ruang ibadah ini diharapkan dapat mendukung kebutuhan spiritual penumpang selama perjalanan, serta dilengkapi tempat penyimpanan perlengkapan salat.
“KAI akan terus berinovasi dalam berbagai aspek guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, dengan harapan para pelanggan akan semakin nyaman dalam menggunakan kereta api,” pungkasnya. (its)
Sumber: