Demi Kekebalan Komunal di Masyarakat

Demi Kekebalan Komunal di Masyarakat

RAKYATCIREBON.ID - Warga Kabupaten Majalengka sangat antusias mengikuti vaksinasi booster gratis yang digelar pada malam hari selama bulan Ramadan. Pelayanan vaksinasi itu salah satunya digelar di Desa Sutawangi Kecamatan Jatiwangi, Rabu (20/4).

Dalam pelaksanaannya, warga dari berbagai kalangan terlihat antusias dan tertib dengan semua instruksi petugas vaksinator.  Salah satu warga, Sony (42) mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di malam hari merupakan langkah kreatif sekaligus aspiratif.

Menurutnya, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan vaksinasi booster menjelang mudik Lebaran. Hal ini sangat sesuai dengan aspirasi masyarakat yang menginginkan vaksinasi booster menjelang mudik.

“Sama-sama kita tahu, pemerintah tidak mewajibkan warga yang sudah divaksin booster untuk menunjukkan bukti PCR saat mudik nanti. Hal itu sangat dibutuhkan oleh saya yang hendak mudik nanti,” ujar pegawai swasta ini, Rabu (20/4).

Warga lainnya, Cecep (24) rela mengantre karena membutuhkan vaksinasi booster sebelum mudik ke Jawa Tengah saat lebaran nanti. Dirinya merasa takut jika nantinya di jalan ada petugas yang mengecek status vaksin.

“Saya sangat kesulitan mendapat vaksin booster karena siang harus bekerja. Akhirnya, saya dapat informasi dari teman yang sudah ikut vaksinasi disini. Syaratnya cukup mudah, yang terpenting harus daftar dahulu,” ucapnya.

Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi bersyukur inovasi vaksinasi di malam hari di lingkungan masjid yang dilakukan Polres Majalengka mendapat respon antusias dari warga. Pada kegiatan vaksinasi malam hari ini, pihaknya menggelar di halaman masjid usai warga melaksanakan salat tarawih.

“Antusias warga luar biasa untuk mengikuti vaksin dosis pertama dan dosis kedua dan dosis ketiga pada khususnya sangat antusias, itu dilihat dari harus sampai antri meski kondisi hujan yang cukup deras,” jelas Edwin.

Selama bulan Ramadan, Polres Majalengka terus membuka layanan vaksinasi di pusat perbelanjaan dan sejumlah masjid. Layanan vaksinasi di pusat perbelanjaan akan dilaksanakan setiap petang. Sedangkan di masjid pada malam hari seusai salat Tarawih.

“Semua upaya vaksinasi yang dilakukan di bulan Ramadan adalah bagian dari upaya membuat seluruh masyarakat Kabupaten Majalengka lebih siap menghadapi Lebaran,” katanya.

Kapolres berharap dengan adanya gerai-gerai yang dibuka di masjid-masjid usai tarawih, dapat mempermudah masyarakat dalam melengkapi vaksinasinya. Sehingga bisa tercipta kekebalan komunal di lingkungan dan keluarganya.

“Alhamdulillah, kegiatan ini disambut baik oleh para jamaah salat Isya dan tarawih serta masyarakat umum lainnya, ini terbukti dengan ramainya para jamaah dan masyarakat yang melakukan vaksinasi,” ujar Kapolres. (hsn)

Sumber: