Polisi Bangun Posko Pengamanan Lebaran

Polisi Bangun Posko Pengamanan Lebaran

RAKYATCIREBON.ID -  Selain memperbaiki ruas jalan yang mengalami kerusakan untuk kenyamanan arus mudik dan balik Lebaran yang dilakukan oleh DPUTR Kabupaten Kuningan, keamanan dan kelancaran lalulintas juga menjadi perhatian. Hal ini untuk membuat pemudik yang datang ke Kuningan maupun pemudik yang melintas menuju luar Kuningan merasakan kenyamanan.   

Seperti yang dilakukan Polres Kuningan. Pihak Polres mulai melakukan sejumlah persiapan untuk pengamanan arus mudik dan balik Lebaran, salah satunya mendirikan posko pengamanan di sejumlah titik strategis. Beberapa posko yang tengah dibangun tersebut di antaranya di Bunderan Sampora, Taman Kota dan Ciawigebang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, posko-posko tersebut bakal ditempati petugas untuk kegiatan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas selama musim mudik dan balik Lebaran serta liburan.
Kabag Ops Polres Kuningan Kompol Tri Sumarsono mengatakan, memasuki pertengahan bulan Ramadan ini pihaknya sudah mulai melakukan persiapan pengamanan. Selain menyiapkan pos pengamanan, lanjut dia, pihaknya juga akan menyiapkan puluhan pos penjagaan dan pengaturan (Gatur) di titik-titik rawan kemacetan, kecelakaan dan kerawanan Kamtibmas lainnya.
\"Total ada lima Pos Pengamanan (Pospam) ditambah satu Pos Pelayanan dan Pos Terpadu serta 41 Pos Gatur akan disiapkan untuk mengamankan arus mudik dan balik Lebaran nanti. Pos-pos ini akan ditempati anggota saat mulai digelar Operasi Ketupat Lodaya pada 28 April hingga 9 Mei mendatang,\" ungkap Tri,  kemarin.
Adapun jumlah personil yang akan dilibatkan, Tri mengatakan, sebanyak 2/3 kekuatan Polres Kuningan atau sebanyak 423 personil. Dalam pelaksanaannya nanti, lanjutnya, pihak kepolisian akan dibantu anggota dari TNI, Satpol PP, Dishub, Denpom, Damkar, BPBD, Dinkes hingga relawan dari Pramuka hingga Senkom.
\"Dalam waktu dekat kita juga akan menggelar rapat koordinasi lintas sekotral untuk membahas teknis pelaksanaan pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2022. Selanjutnya, untuk penempatan personil akan digelar setelah apel gelar pasukan pada H-5 Lebaran nanti,\" pungkas Tri. (bud)

Sumber: