Atap Bocor, Plafon Ruang Komisi DPRD Ambruk

Atap Bocor, Plafon Ruang Komisi DPRD Ambruk

RAKYATCIREBON.ID - Hujan lebat yang terjadi Selasa sore (19/4) menyebabkan plafon lorong ruang VIP dan komisi gedung DPRD Kabupaten Cirebon ambruk. Terjadi akibat genteng bocor dan hujan lebat disertai angin kencang. Alhasil, ruang komisi pun dipenuhi genangan air.

Sekretaris DPRD, Ikin Asikin mengaku sudah mengetahuinya. Pihaknya pun sudah mengintruksikan agar segera diperbaiki.

Pasalnya, ruangan tersebut menjadi salah satu ruang kerja wakil rakyat. Jangan sampai mengakibatkan kinerja dewan terhambat.

\"Benar kang, ambruk. Itu akan segera diperbaiki. Saya sudah perintahkan Kabag dan Kasubagnya untuk segera menginventarisir bagian mana saja di gedung dewan yang mengalami kerusakan, bocor dan lainnya,\" kata Ikin, saat dihubungi Rakyat Cirebon.

Ia memastikan, tidak akan menganggu rutinitas kinerja dewan. Karena perbaikan akan segera dilakukan.

\"Tadi sudah ditindaklanjuti. Insyaallah secepatnya. Sudah ada pemborongnya juga,\" katanya.

Menurutnya perbaikan ini, sifatnya mendesak. Harus disegerakan. Tidak harus menunggu perencanaan atau proses lelang. Mantan Camat Greged itupun menegaskan perbaikan yang akan dilakukan hanya untuk titik darurat saja. Tidak menyangkut semua.

\"Jadi kalau perbaikan ini sih, tidak harus menunggu (perencanaan anggaran, red,) Ada tidak ada, sifatnya harus. Darudat sih. Ini juga tidak semua,\" katanya.

Intinya tutur Ikin, nanti setelah diinventarisir, kerusakannya akan dihitung. Titiknya dimana saja. Sehingga, bisa dilakukan segera. Dengan tetap memprioritaskan skala prioritas. Ia pun menilai, di ruang komisi, memang kerusakannya itu sebelumnya sudah ada. Dimungkinkan karena kontruksi bangunan awalnya kurang bagus.

\"Jadi kalau tidak dibenahi, ya susah. Setiap hujan pasti bocor. Intinya, itu akan segera kita perbaiki kang,\" katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian terjadi pukul 15.30 WIB. Saat hujan lebat dan angin kencang, air mulai turun dari genteng yang bocor. Hingga menembus plafon yang berada di pintu masuk menuju ruang Komisi dan VIP DPRD Kabupaten Cirebon.

\"Hujan disertai angin sangat besar. Sehingga plafon tak kuat menahan banyaknya air yang masuk dari genteng yang bocor,\" ujar salah seorang pegawai di DPRD Kabupaten Cirebon yang enggan disebutkan namanya.

Ia melanjutkan, detik-detik sebelum kejadian itu juga sempat divideo oleh teman sesama pegawainya. Hingga plafon yang berbahan PVC itu ambruk dan berantakan di lantai. Beruntungnya, kata dia, sedang tidak ramai karena waktu sudah sore dan anggota dewan tengah kunjungan kerja.

\"Alhamdulillah tidak ada korban. Mudah-mudahan nanti segera di beresin supaya tidak kelihatan berantakan dan atap-atap yang bocor bisa segara diperbaiki, supaya ketika hujan tidak lagi terjadi hal demikian,\" pungkasnya. (zen)

Sumber: