Target, Pemudik Beli Produk UMKM

Target, Pemudik Beli Produk UMKM

RAKYATCIREBON.ID –Kabar adanya kebijakan pemerintah pusat yang mencabut larangan mudik menjelang Idul Fitri 1443 Hijriyah direspons positif banyak pihak.

Termasuk Pemerintah Kabupaten Indramayu yang langsung berencana akan mempromosikan berbagai produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di sejumlah lokasi di jalur mudik.

Hal itu terungkap saat berlangsungnya rapat di Ruang Ki Tinggil Setda Indramayu, Senin (18/4). Rapat yang dipimpin Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Indramayu, Maman Kostaman ini dihadiri sejumlah kepala perangkat daerah, Staf Bupati Bidang UMKM Ato Susanto, dan beberapa camat yang wilayahnya dilintasi jalur mudik.

Dalam rapat persiapan Posko Mudik Bermartabat itu diantaranya membahas prediksi dampak peningkatan perekonomian hingga upaya memaksimalkan pemanfaatan momentum tahunan.

“Rencananya akan menghadirkan produk UMKM unggulan dan khas Indramayu di setiap pos pengamanan pemudik, mulai dari arus mudik sampai arus balik nanti,” jelas Maman.

Menurutnya, Posko Mudik Bermartabat merupakan langkah konkret Pemkab Indramayu atas keinginan Bupati Nina Agustina yang berupaya menempatkan produk UMKM unggulan dan khas Indramayu di masing-masing pos pengamanan mudik lebaran di sepanjang jalur Pantura Indramayu.

“Posko Mudik Bermartabat ini merupakan keinginan luar biasa bupati Indramayu bahwa produk-produk UMKM kita bisa dikenal, bisa dibawa oleh para pemudik yang melintasi jalur Pantura di Indramayu,” kata dia.

Untuk mematangkan rencananya, hingga saat ini berbagai persiapan masih dibahas intens. Seperti lokasi untuk ditempatkannya produk UMKM di masing-masing pos mudik maupun arus balik.

Bahkan pihak Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagin) Kabupaten Indramayu mempersiapkan produk-produk UMKM yang akan dipromosikan.

“Nanti petugas yang mempromosikan produk UMKM perlu dilakukan siapa saja sehingga perlu dipersiapkan. Semoga keinginan luar biasa bupati Indramayu ini bisa dilaksanakan dengan baik, dan kita persiapkan dengan matang pelaksanaan pos pemudik yang akan disandingkan adanya produk UMKM Kabupaten Indramayu,” paparnya.

Maman menambahkan, di Posko Mudik Bermartabat nantinya para pemudik selain bisa membeli produk UMKM unggulan dan khas Indramayu, juga bisa menggunakan fasilitas posko vaksin dan posko takjil yang disediakan oleh Pemkab Indramayu. (tar)

Sumber: