Reses, Nuzul Rachdy Kebanjiran Keluhan Warga

Reses, Nuzul Rachdy Kebanjiran Keluhan Warga

RAKYATCIREBON.ID - DPRD Kuningan menggelar reses caturwulan pertama selama sepekan ke depan. Reses tersebut harus dilakukan oleh seluruh wakil rakyat yang berjumlah 50 orang, tanpa kecuali. Jika tak dilaksanakan, tentu ada konsekuensi yang harus ditanggung oleh yang bersangkutan.

Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdy SE mengungkapkan, dalam seminggu kedepan, setiap anggota dewan mulai turun ke daerah pemilihan masing-masing.

\"Dimulai Sabtu (16/4), saya menugaskan 50 anggota DPRD Kuningan, untuk terjun ke dapilnya masing masing. Saya sendiri sudah melaksanakan reses di satu titik yaknu Desa Manis Lor, Kecamatan Jalaksana. Dalam reses ini, setiap anggota dewan melaksanakan di 3 titik,\" tegas politisi kawakan dari PDI Perjuangan tersebut.

Reses tahun 2022 ini, dinilai Zul sebagai reses yang sarat dengan keluhan warga terkait isu sosial sebagai dampak kebijakan pemerintah pusat. Kemudian isu ekonomi seperti kenaikan bahan kebutuhan pokok, menjelang Hari Raya Idul Fitri.

\"Dalam setiap reses itu ada beberapa aspirasi dari masyarakat yang akan kita paripurnakan. Selanjutnya, kita masukan kedalam rencana kerja pemerintah daerah, untuk kita jadikan sebagai kebijakan anggaran. Itu dari pihak kita DPRD,\" sebut pria yang akrab disapa Zul.

Dalam reses di titik pertama, diakui Zul, keluhan masyarakat seputar harga pangan, menjadi pekerjaan rumah pemerintah.  Seperti kenaikan harga minyak goreng dan lain sebagainya.

Tugas anggota DPRD lainnya yakni untuk menyampaikan kepada masyarakat, program pemerintah terkait BLT minyak goreng. BLT ini mulai didistribusikan untuk 132.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari keluarga tak mampu se Kuningan.

\"Semoga BLT ini menjadi solusi dari pemerintah, ditengah kesulitan masyarakat yang tidak mampu, untuk mendapatkan minyak goreng murah. Terlebih sekarang menjelang Lebaran, masyarakat sangat membutuhkan itu,\" ujarnya.

Dengan nilai BLT Migor 300 ribu rupiah untuk akumulasi 3 bulan, lanjut Zul, setiap KPM diharapkan membelanjakan uang ini benar benar sesuai peruntukkannya.

Diluar isu migor, kata Zuk, aspirasi masyarakat yang lazim disampaikan adalah pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum.

\"Seperti biasa, aspirasi masyarakat saat reses adalah usulan pembangunan infrastruktur. Seperti membuat jalan lingkungan dan membuat sarana olah raga. Tadi saya mendapat masukan warga, ingin dibangun lapangan bola voli,\" ungkapnya.

Dari hasil penampungan aspirasi ini, menurut Zul, semua anggota DPRD akan membuat skala prioritas. Mana yang perlu dialokasikan untuk kebijakan anggaran.

Zul berharap, seluruh anggota dewan, mengefektifkan masa reses ini. Karena di setiap desa dibutuhkan kehadiran anggota untuk mendengarkan aspirasi, dan memberikan solusi permasalahan di masyarakat.

\"Anggota DPRD  harus hadir di tengah masyarakat,  untuk memberi solusi berbagai aspirasi,\" pungkas ketua DPRD Kuningan yang dipercaya menjadi wakil rakyat selama 4 periode berturut-turut. (bud)

Sumber: