Ardian Dijagokan Maju di Pilkada 2024

Ardian Dijagokan Maju di Pilkada 2024

RAKYATCIREBON.ID -  Pesta demokrasi 5 tahunan, Pilkada Kuningan 2024 masih menjadi topik menarik, bagi  pengamat politik dan masyarakat.

Pengamat politik dan kebijakan daerah Kuningan, Sujarwo, alias Mang Ewo, kembali hembuskan peta menarik, siapa saja  yang mungkin maju di Pilkada Kuningan mendatang.

Elektabilitas Bupati Acep sangat tak diragukan lagi, bisa disebut menempati urutan pertama saat ini.

\"Kendati pelaksanaan Pilbup Kuningan masih menyisakan waktu yang cukup lama, yakni  2,5 tahun lebih,  kiranya tidak berlebihan jika masyarakat mulai menerka dan menimang.  Siapa sosok yang layak untuk tampil dalam kompetisi demokrasi lima tahunan itu,\" terang Sujarwo.

Jika selama ini telah berhembus isu jika H  Acep Purnama, yang saat ini menjabat sebagai ketua DPC PDIP sekaligus Bupati Kuningan, akan kembali maju sebagai konstestan pada Pilbup 2024. Begitu pun dengan Wakil Bupati HM  Ridho Suganda atau Edo, sapaan akrab Wabup.

\"Edo sangat mungkin akan maju pada Pilbup nanti.  Begitu pula beberapa ketua partai, yang sudah menyatakan diri memiliki ambisi untuk menjadi orang nomor satu di Kuningan.  Bukan hal yang mengejutkan bagi masyarakat,  jika tokoh politik ini akan berkiprah di Pilkada. Karena mereka merupakan tokoh yang selama ini bersentuhan atau kental dengan panggung  politik disini,\" jelas Ewo.

Sujarwo mengatakan, sosok potensial yang dinanti masyarakat,  justru akan datang dari figur yang belum beraroma \"politik\". Tetapi figur ini banyak berkiprah di masyarakat, seperti di bidang bisnis dan sosial. 

\"Sosok potensial ini melekat pada seorang pengusaha sukses yang agamis yakni H Rokhmat Ardian. Sikap sosial seorang H Ardian sudah tidak perlu dirinci,  karena hampir seluruh masyarakat Kuningan sudah mengetahuinya.  Tidak mustahil,  jika sosok H Ardian terdorong hatinya untuk tampil pada ajang politik lima tahunan,\" ujarnya.

Menurut Sujarwo, sosok pengusaha H Rokhmat Ardian akan menjadi figur yang diprediksi  menjadi lawan berat bagi aktivis politik yang selama ini  berkiprah di Kuningan. \"Kita saksikan di kesempatan selanjutnya,\" sebut Sujarwo.

Prediksi munculnya sosok non politisi di Pilbup Kuningan mendatang,  mendapat tanggapan dari Budayawan Sunda Kuningan, Mara Stamzah.

Menurut pria yang memimpin Paguyuban Sundawani Wirabuana Kuningan dan akrab disapa Kang Mara itu, jika benar akan hadir Cabup dari kalangan non politisi, menjadi sebuah catatan kemajuan dalam demokrasi Kuningan.

\"Ini kemajuan untuk demokrasi, jika benar muncul sosok non politisi tampil di Pilbup. Karena selama era reformasi, kalangam politis mendominasi. Ia berharap figur baru, dapat menampilkan etika berpolitik, bergerak dengan cara-cara pemenangan yang sesuai dengan nilai  budaya, perilaku dan adat istiadat.

\"Jangan sampai pemandangan pemenangan Pemilu yang melabrak kearifan lokal terjadi. Saya kutip istilah sunda \'dulur jeung dulur paburisat perang, mela\'an jadi pangkat\' sebuah kondisi yang mencerminkan mengejar kekuasaan menghalalkan segala cara,\" ungkapnya.

Menurut Mara, Cabup Independen dengan latar non parpol, dinilai lebih bebas dari tekanan kepentingan partai.

Sumber: