Dukcapil Ngabuburit Beri Kemudahan Layanan Adminduk

Dukcapil Ngabuburit Beri Kemudahan Layanan Adminduk

RAKYATCIREBON.ID –Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) memanfaatkan momentum Ramadan 1443 Hijriyah dengan merealisasikan sebuah inovasi.

Diberi nama Dukcapil Ngabuburit, layanan pembuatan administrasi kependudukan (adminduk) memberikan beragam kemudahan bagi masyarakat di tiap lokasi sasaran.

Inovasi pelayanan ini berkaitan dengan kelengkapan adminduk yang menjadi syarat penting masyarakat untuk berbagai keperluan.

Mulai dari untuk sekolah, berobat, bekerja, hingga syarat menerima bantuan. Dalam inovasi layanan ini masyarakat bisa membuat Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, Mohamad Iskak Iskandar menjelaskan, layanan Dukcapil Ngabuburit ini dilaksanakan mulai siang hingga sore hari.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, masyarakat bisa mengurus sendiri kelengkapan adminduk yang dibuka sejak pukul 11.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB dengan membawa berkas persyaratan yang lengkap.

Disampaikan, layanan Dukcapil Ngabuburit sudah dimulai sejak 7 April 2022 yang dilaksanakan di halaman Masjid Syekh Abdul Manan Komplek Islamic Centre Kabupaten Indramayu.

“Silahkan sore-sore membuat dokumen kependudukan dengan datang dan mengurus sendiri, karena layanan yang kami lakukan gratis, tidak dipungut biaya dan langsung jadi,” terangnya.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan program tersebut dapat mendatangi lokasi kegiatan sesuai dengan ketentuan jadwal.

Pada tanggal 12 April 2022, layanan berlangsung di Lapangan Sepak Bola Desa Margamulya, di samping Kantor Pemerintah Kecamatan Bongas.

Selanjutnya pada tanggal 14 April 2022 bertempat di Alun-alun Anjatan, samping Kantor Pemerintah Kecamatan Anjatan.

Berikutnya, pada tanggal 19 April 2022 dipusatkan di Balai Desa Karangasem, Kecamatan Terisi. Lalu tanggal 21 April 2022 di Balai Desa Kedokangabus, Kecamatan Gabuswetan.

Kemudian pada tanggal 26 April 2022 di Balai Desa Dukuh Jeruk, Kecamatan Karangampel. Dan pada tanggal 28 April 2022 di kawasan Sport Center Indramayu. (tar)

Sumber: