Skema Arus Mudik Sudah Dipersiapkan

Skema Arus Mudik Sudah Dipersiapkan

RAKYATCIREBON.ID - Skema pengamanan arus mudik lebaran tahun ini mulai dipersiapkan Satlantas Polresta Cirebon. Kemarin, Satlantas Polresta Cirebon melakukan pengecekan jalur, menghitung penggal-penggal jalan atau U-turn, pengecekan sarana prasarana seperti rambu-rambu, tolo-tolo, barier dan lainnya.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman SIK MH menyampaikan, pengecekan sarana prasarana tersebut sebagai persiapan mengatur skema pengamanan arus mudik lebaran pada tahun 2022 ini. Termasuk mempersiapkan jalan yang bakal dijadikan sebagai jalur alternatif apabila terjadi kepadatan arus.

\"Termasuk kita juga kita akan persiapkan skema apabila dilakukan one way atau contra flow sepenggal, khususnya dijalan Arteri,\" ujar Arif, Selasa (12/4).

Menurut Arif, skema dan Cara Bertindak (CB) dalam pengamanan arus mudik lebaran nanti bakal diseragamkan dengan Polres dari daerah tetangga seperti Polres Cirebon Kota dan Polres tetangga lainnya. Karena itu, skema tersebut akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Polres tetangga tersebut.

\"Kita koordinasikan dengan rekan Polres tetangga untuk membuka keseragaman dalam bertindak di pengamanan arus mudik lebaran,\" kata Arif.

Berdasarkan data pada mudik sebelumnya, kata dia, tahun ini diprediksi akan ada 85 juta warga yang melaksanakan mudik kekampung halamannya masing-masing. Dari jumlah tersebut, sebagian warga melakukan mudik menggunakan sarana transportasi udara, laut dan kereta api. Selebihnya, pemudik menggunakan sarana transportasi darat.

Untuk warga kabupaten Cirebon sendiri, Arif menyebut ada sekitar 200 ribu warga yang akan melaksanakan mudik ke Kabupaten Cirebon. Jumlah tersebut belum menghitung pemudik luar daerah yang dipastikan bakal melintas di Kabupaten Cirebon.

Karena itu, pihaknya juga memastikan bakal ada penambahan sarana prasarana di beberapa titik di jalur mudik baik arteri maupun tol. Sehingga, pihaknya pun akan terus mengupdate kesiapan kondisi sarana prasarana, lalulintas, kelaikan jalan dan rambu yang akan digunakan dalam rangka operasi lebaran nanti.

\"Saat ini jumlah tolo-tolo yang kita siapkan ada 400, barier 500, dan petunjuk arah juga kita update semua,\" ungkapnya. (zen)

Sumber: