Maksimalkan Potensi Kecamatan

Maksimalkan Potensi Kecamatan

RAKYATCIREBON.ID - Angka pengangguran di Kabupaten Cirebon masih tinggi. Perlu upaya untuk menguranginya. Salah satu caranya, memaksimalkan potensi di kecamatan. Pasalnya, masih banyak potensi yang belum tergali maksimal.

Sebut saja misalnya di Kecamatan Pabedilan. Di sana, ternyata merupakan salah satu daerah penghasil beragam komoditas pertanian. Sebut saja, seperti jagung manis, tebu dan bawang merah. Kekayaan potensi itu, harusnya bisa memberikan kemakmuran bagi masyarakatnya.

“Di sini tumbuh subur jagung manis. Juga ada tebu. Selain itu, kalau selama ini, kita mengenal penghasil bawang merah itu Brebes, tapi di kita juga ada. Ya di Kecamatan Pabedilan ini. Di sini (bawang merah, red) tumbuh subur,” jelas Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Dr Hj Hanifah MA.

Khusus untuk jagung manis ini, ternyata memiliki peluang cukup terbuka. Secara ekonomi cukup mentereng. Baik ketika dijual secara mentahan, maupun dijual hasil olahan. “Ini peluang untuk mengakselerasikan pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Pabedilan,” katanya.

Tentunya, kata Bunda Ohan--sapaan akrabnya, potensi ini perlu dioptimalkan agar dapat mencapai pertumbuhan ekonomi berkualitas dan berkesinambungan. “Peluang pasarnya besar, baik domestik maupun eksport juga. Ini perlu dimanfaatkan dengan optimal untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi semakin baik,” paparnya.

Tak hanya itu, potensi di Pabedilan itu ada juga yang lainnya. Hadirnya pabrik-pabrik besar juga bisa menjadi penunjang tambahan. Sebut saja, seperti PT Long Rich, PT Taekwang Indonesia, Perusahaan Garmen dan lainnya. Semua itu, kata politisi PKB itu, merupakan peluang besar bagi penduduk di Pabedilan untuk ikut berkiprah dalam meningkatkan perekonomian.

“Baik sebagai karyawan pabrik maupun sebagai pelaku UMKM dengan menggandeng Bumdes,” imbuhnya.

Makanya diperlukan peran serta semua elemen. Agar beragam potensi yang ada, benar-benar bisa tereksplorasi secara maksimal. Sehingga bisa mengurangi angka pengangguran.

\"Setiap kecamatan memiliki potensinya masing-masing. Seperti di Pabedilan ini. Jadi, beragam unsur harus dilibatkan. Sehingga bisa mengurangi angka pengangguran dan bisa meningkatkan perekonomian,” pungkasnya. (zen)

Sumber: