Caracas-Cibuntu Dikerjakan Pemborong

Caracas-Cibuntu Dikerjakan Pemborong

RAKYATCIREBON.ID - Kerusakan jalan yang akan membuat pemudik merasa terganggu saat pulang kampung, mendapat perhatian dari Pemkab Kuningan. Mulai hari Sabtu (9/4), sejumlah ruas jalan yang kerap digunakan pemudik mulai diperbaiki. Untuk mempercepat proses perbaikan, DPUTR membentuk tim yang bertanggung jawab langsung di lapangan. Beberapa alat berat dan ringan juga diterjunkan ke lokasi.

Sayangnya, tidak semua ruas jalan yang mengalami kerusakan mendapat perbaikan. DPUTR berdalih, anggaran yang tersedia tidak mencukupi sehingga perbaikan ruas jalan dipilah sesuai prioritas. Namun tidak menutup kemungkinan, tahun depan ruas jalan yang rusak bisa diperbaiki semua jika anggaran tersedia.

\"Untuk saat ini, perbaikan jalan hanya untuk beberapa ruas saja. Anggaran yang kami miliki, tidak mencukupi. Kami mohon masyarakat untuk bersabar. Pemerintah tentu sangat ingin semua ruas jalan di Kuningan mulus, tapi ya itu tadi, anggqran tidak mencukupi setelah terkena recofusing pemerintah pusat dan provinsi,\" sebut Kepala DPUTR Kuningan, HM Ridwan Setiawan diamini Sub Koordinator Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Budi Haryadi ST MT, kemarin (10/4).

Budi menerangkan,  ruas jalan yang mendapat perhatian untuk diperbaiki dari anggaran rutin yakni ruas jalan lingkar timur, Taraju-Sindangagung, Garawangi, Perempatan Pasar Ciawigebang, dan Subang-Selajambe. \"Mulai Sabtu kemarin, kami dan tim sudah bergerak melakukan perbaikan. Saat arus mudik Lebaran, warga bisa melintas dengan tenang dan nyaman,\" katanya.

Perbaikan jalan yang dilakukan yakni menambal badan jalan yang rusak dengan aspal hotmik. Panjang ruas jalan yang diperbaiki juga berbeda beda. Misalnya di ruaa jalan lingkar timur dimulai dari Tugu Ikan Sampora hingga perempatan Garatengah. \"Kalau dari perempatan Garatengah sampai Kedungarum kan masih mulus lantaran baru selesai pembangunannya,\" papar Budi.

Terkait keluhan warga Desa Cibuntu, Kecamatan Cigandamekar karena ruas jalan Caracas-Cibuntu tak kunjung diperbaiki, Budi meminta maaf. Dia menjelaskan, bahwa ruas jalan tersebut akan diperbaiki total melalui anggaran dari APBD Kabupaten Kuningan, bukan dari anggaran rutin. \"Untuk Cibuntu-Caracas dikerjakan oleh pihak ketiga. Dan itu dianggarkan dari APBD Kabupaten Kuningan. Semoga saja proses lelangnya berjalan lancar,\" ungkap Budi. (bud)

Sumber: