Dana ZIS 2021 Capai Rp10,2 Miliar

Dana ZIS 2021 Capai Rp10,2 Miliar

RAKYATCIREBON.ID –Bupati Indramayu, Nina Agustina secara simbolis menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Indramayu kepada warga di Pendopo Indramayu.

Bantuan yang disalurkan dalam kegiatan Ngabuburit Bareng Bupati Indramayu yang diinisiasi Baznas tersebut merupakan bentuk keberkahan dan kepedulian di bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah untuk masyarakat kurang mampu.

Bantuannya diberikan untuk siswa tidak mampu, paket sembako fakir miskin, bantuan operasional TPA, bantuan untuk imam masjid atau musala.

Berikutnya bantuan untuk guru ngaji, bantuan untuk marbot masjid atau musholla, santunan terhadap anak yatim-piatu, bantuan untuk lansia atau jompo, bantuan paket buku pegangan guru DTA, serta bantuan tangan dan kaki palsu untuk penyandang disabilitas.

Nina mengatakan, pertemuan dalam kegiatan tersebut menjadi penguat untuk mempererat silaturahmi. Dan bantuan yang disalurkan kepada sepuluh kategori masyarakat di bulan suci ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Hal ini juga sebagai wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Indramayu kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Semoga penerima bisa menggunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya dan bagi bantuan tangan dan kaki palsu untuk masyarakat penyandang disabilitas semoga membantu dalam aktivitas sehari-hari,” ujarnya.

Adapun total bantuan yang disalurkan pada kegiatan tersebut sebesar Rp314.660.000 untuk sasaran di 3 kecamatan.

Terdiri dari Kecamatan Indramayu sebesar Rp209.200.000, Kecamatan Arahan Rp53.640.000, dan Kecamatan Cantigi sebesar Rp51.820.000. Sedangkan total keseluruhan penyaluran kurang lebih Rp2,5 miliar. “Masing-masing kecamatan akan menyalurkannya untuk kepentingan masyarakat yang kurang mampu,” kata Nina.

Pihaknya mengingatkan, bagi penerima bantuan agar melaksanakan vaksinasi yang dianjurkan pemerintah, baik dosis 1, 2, dan 3 atau booster.

Masyarakat bisa mengikuti vaksinasi usai berbuka puasa yang diselenggarakan masing-masing puskesmas di masjid terdekat.

“Pastikan bapak dan ibu sudah divaksin semuanya, bagi yang belum melaksanakan vaksinasi masyarakat bisa mengikuti vaksin di dekat masjid usai berbuka puasa atau salat tarawih. Saya minta dibantu juga oleh camat dan kepala puskesmasnya demi masyarakat sehat dan terhindar dari paparan Covid-19, apalagi nanti kedatangan keluarga saat mudik lebaran sehingga dipastikan sudah disuntik vaksin semuanya,” katanya.

Sementara itu, Plt Ketua Baznas Kabupaten Indramayu, Sihabudin menerangkan, perolehan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) di tahun 2021 terkumpul Rp10.294.735.476.

Terdiri dari zakat profesi dan zakat maal sebesar Rp7.383.270.579, infaq profesi dan infaq Rp2.000 sebesar Rp2.911.464.897.

Sumber: