Didukung Mantan Kapolri, PP Polri Bangun Sekretariat

Didukung Mantan Kapolri, PP Polri Bangun Sekretariat

RAKYATCIREBON.ID - Belasan pengurus dan anggota Persatuan Purnawirawan Polri (PP Polri) Kuningan, mendatangi Asrama Polri Flora di Jalan Veteran, kota Kuningan, Rabu (7/4). Mereka tampak gembira menyaksikan semangat para pekerja yang hendak memasang genting di atas rangkaian baja ringan, pekerja lainnya terlihat melakukan proses penembokan dinding. Sebuah bangunan yang dicita-citakan pensiunan Polri, Warakawuri sejak 2020, ingin membangun sekretariat sendiri seutuhnya hak milik organisasi.

Ketua PP Polri Kuningan Kombes Pol (Purn) Irwan Sukmawan berkaca-kaca mengingat perjuangan ratusan pensiunan bermusyawarah di sela kegiatan sosial, kemanusiaan bagi masyarakat Kuningan, dan kegiatan internal organisasi. Sejak dilantik menjadi ketua, memiliki sekretariat sendiri merupakan tugas yang berat. Entah bagaimana cara menwujudkannya, karena butuh dana untuk urusan yang satu ini tidak sedikit.

Memasuki bBulan Ramadhan, hasil swadaya atau patungan anggota menampakan hasil. Terlebih niatan ini mendapat dukungan dari Bupati Acep Purnama sebagai Pelindung PP Polri. Kemudian Kapolres Kuningan sebagai Pembina PP Polri Jabar hingga Pimpinan Pusat PP Polri, Mantan Kapolri Jendral (Purn) Bambang Hendarso Danuri.   

“Tahun 2019 sampai 2021 kami hanya bisa mengontrak. Dibangunnya sekretariat ini berkat seluruh pengurus dan anggota PP Polri, bukan saya yang berjasa, tapi seluruhnya. Tanpa mereka bangunan sekretariat ini takkan terwujud,” tegas Kombes Irwan.

Dipilihnya lokasi di Jalan Veteran lantaran jalan nasional, dan terbilang strategis dan berada di pusat Kkota Kuningan. Terlebih Asrama Polri Flora telah berdiri sejak tahun 1948. Hingga sekarang dihuni beberapa anggota aktif. Mengingat usia bangunan yang sudah lama, beberapa bangunan di antaranya mulai rusak termakan usia.

Kantor baru sekretariat PP Polri yang berada di bagian depan asrama akan mengubah pemandangan Asrama ini. Bangunan baru dapat menambah nilai estetika, tempat bersejarah tersebut. “Kami saat itu memohon rekomendasi dari Kapolres Kuningan untuk lokasi sekretariat. Tepatnya satu lokasi asrama yang sudah tidak layak pakai, bahkan rusak berat dan kelihatan kumuh. Alhamdulillah, Pak Kapolres mengizinkan, supaya anggota Purnawiran dapat berteduh. Teknis sketsa atau gambar bangunan kami berkoordinasi dengan dinas PUTR,” papar Kombes Irwan.

Anggaran pembangunan yang semula diperhitungkan sebesar Rp256, dipangkas karena terkait swadaya anggota menjadi Rp209 juta saja. Irwan berterimakasih atas bantuan dari Bupati Acep Purnama, rekan-rekan anggota purnawirawan, mitra, PP Polri Jabar dan Jenderal Bambang Hendarso Danuri yang akan membantu penyelesaian bangunan.

“Mudah mudahan,PP Polri di wilayah Jawa Barat lainnya, bisa mengikuti jejak kami. Dengan kebersamaan mewujudkan cita-cita untuk memiliki kantor sendiri, tanpa harus mengontrak. Sesuai moto, kita harus setia, sekali berjuang, terus berjuang, sekali Bhayangkara, tetap Bayangkhara,” pungkasnya. (bud)

Sumber: