TPAKD Ditarget Bisa Mengentaskan Kemiskinan

TPAKD Ditarget Bisa Mengentaskan Kemiskinan

RAKYATCIREBON.ID –Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Indramayu diminta untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengakumulasi kekayaan, hingga mengurangi risiko kemiskinan.

Hal ini ditekankan Bupati Indramayu, Nina Agustina saat prosesi pengukuhan TPAKD, Rabu (6/4) di Ruang Ki Tinggil Setda Indramayu.

Pengukuhan TPAKD Kabupaten Indramayu ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Indramayu Nomor 580.05/Kep.312-Eko/2021 yang anggotanya terdiri dari pejabat instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten dan stakeholder terkait.

Keberadaan TPAKD difungsikan untuk meningkatkan akses keuangan di daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi menuju masyarakat yang lebih sejahtera.

Menurut Nina, akses keuangan menjadi syarat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi terutama di daerah.

Seperti tabungan, kredit, asuransi, dana pensiun, serta fasilitas keuangan guna membantu masyarakat kelompok marginal dan berpendapatan rendah.

“Diharapkan TPAKD Kabupaten Indramayu ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengakumulasi kekayaan, mengurangi risiko dan melakukan upaya untuk keluar dari kemiskinan,” tegasnya.

Menurutnya, akses keuangan di Kabupaten Indramayu telah membantu masyarakat yang salah satunya adanya program unggulan Kredit Usaha Warung Kecil (Kruw-Cil).

Juga Perempuan Berdikari (Pe-Ri) yang didukung oleh Bank BJB Cabang Indramayu dan BPR Karya Indramayu.

“Alhamdulillah program unggulan seperti Kruw-cil dan Pe-Ri ini sangat membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya di tengah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Nina berharap, TPAKD Kabupaten Indramayu sebagai wadah organisasi antar instansi dan stakeholder dapat menjalankan program kerja yang nyata secara berkesinambungan.

Penting pula disertai terobosan baru, sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Indramayu.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayah Cirebon, Mohammad Fredli Nasution mengatakan, TPAKD Kabupaten Indramayu perlu menjalankan akselerasi keuangan seperti mendukung proses pemenuhan ekonomi masyarakat.

Langkah ini dilakukan dengan pembiayaan usaha-usaha kecil maupun mikro dan dapat menjadi penggerak roda perekonomian.

Sumber: