Manfaatkan Lahan Bukan karena Lomba

Manfaatkan Lahan Bukan karena Lomba

RAKYATCIREBON.ID - Sebanyak 40 rumah di Kelurahan Cikasarung Kecamatan Majalengka, mewakili Kabupaten Majalengka akan mengikuti lomba program pemanfaatan lahan atau pekarangan rumah di tingkat provinsi Jawa Barat.

Lurah Cikasarung, Dudung mengatakan pihaknya ‎cukup bangga, karena dari 26 kecamatan dan sekitar 300 desa di wilayah Kabupaten Majalengka, hanya Cikasarung yang terpilih untuk mengikuti tingkat provinsi Jawa Barat.

“Tentu, kita merasa bangga sekali. Oleh karenanya saat ini kita sedang mempersiapkan, dan terus memantau situasi lahan serta kesiapan para pemilik rumahnya,” ungkapnya, Selasa (5/4).

Sementara itu, warga yang rumahnya termasuk dalam 40 pekarangan rumah yang dinilai, Suhendar mengatakan, soal pemanfaatan lahan depan rumah dia memang hobi menanam. “Bukan hanya karena ada program, saya memang dari dulu hobi, punya lahan daripada ‎dianggurin saya tanami,” ujarnya.

Di pekarangan lahan rumahnya ada pohon pisang, tanaman cabai, juga tanaman rempah-rempahan seperti Salam Aceh yang di wilayah Majalengka masih terbilang langka.

“Intinya saya mendukung program ini. Memang tanpa ada program ini pun, tanam menanam bagi saya sudah hobi. Bahkan saya pun beternak,” ungkapnya.

Meskipun begitu, antara perkebunan dan kandang peternakan jaraknya berdekatan, namun kebersihannya tetap terjaga.

Hal senada diungkapkan, Ketua RW setempat, Atoy Suwito dan ketua RT setempat, Edi Dana Suhenda. Pihaknya bersama pemerintah Kelurahan Cikasarung akan terus melakukan pembinaan dan mempersiapkan warganya. (hsn)

Sumber: