Akses Masuk Ditutup PD Pembangunan, AMC Berncana Pindah ke Bekasi

Akses Masuk Ditutup PD Pembangunan, AMC Berncana Pindah ke Bekasi

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Pembina Yayasan Tirta Bahari, yang membawahi Akademi Maritim Cirebon (AMC), angkat bicara. Itu setelah pada Kamis (31/3) lalu, akses aktivitas AMC ditutup oleh Perusahaan Daerah Pembangunan (PDP) Kota Cirebon akibat tunggakan sewa kontrak.

Pembina Yayasan Tirta Bahari, Rista Saragih meminta kepada PDP untuk mengubah redaksi di spanduk. Karena dengan redaksi yang tertulis saat ini, seakan-akan PDP menutup semua aktivitas di AMC, padahal fakta di lapangan hanya akses masuk saja.

\"Kami meluruskan, di spanduk tertulis kegiatan AMC ditutup. Kami ingin spanduk diperbarui kalimatnya. Karena aktivitas tetap ada dan harus jalan, apalagi kami sedang membuka pendaftaran untuk taruna baru,\" ungkapnya, Jumat (1/4).

Rista mengakui, bahwa persoalan yang terjadi saat ini murni kelalaian pihaknya, sehingga kini sedang berusaha untuk menyelesaikannya. Bukti keseriusan itu, pihak yayasan per tanggal 1 April 2022 sudah melunasi sisa tunggakan untuk masa sewa tahun 2020 yang disebutkan PDP tertunggak sebesar Rp55 juta.

Dan untuk persoalan masa sewa kontrak tahun 2020-2022, itu akan segera diurus. Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan PDP untuk hal tersebut. Sehingga pada pertemuan yang direncanakan Selasa nanti, pihak yayasan bertekad untuk menyelesaikan persoalan.

\"Hubungan kami dengan PDP pun baik. Yang tahun 2020 sudah kami lunasi, kita akan buat kerja sama untuk tahun 2020-2022. Terkait kejadian kemarin, itu sebetulnya persoalan internal kami dengan PDP. Dan kami akui itu kelalaian kami. Belum lagi kami juga merasakan dampak pandemi, yang mengakibatkan pembayaran taruna-taruna kami tersendat,\" jelasnya.

Rista memastikan, pihak yayasan tidak akan mengabaikan segala kewajiban, meskipun selama dua tahun terakhir ini taruna di AMC dipulangkan. Imbasnya, berpengaruh pada keuangan lembaga.

\"Taruna yang tingkat 1 dan 2 saja tunggakannya mencapai 5 miliar. Tapi karena berbagai faktor, kami tidak berani memaksa para orang tua. Kami sudah berbicara dengan PDP, kami akan selesaikan,\" tegasnya.

Ditambahkan Rista, jika dibangun kesepakatan sewa kontrak tahun 2020-2022, maka memang akan berakhir pada Oktober tahun ini. Karena AMC sudah memiliki rencana untuk pindah. Saat ini, AMC sedang membangun fasilitas lembaga di daerah Bekasi.

\"Kita sudah mau pindah, sedang bangun di Bekasi. Ada lahan sekitar 5 hektar, tapi baru sekitar 70 persen. Kami tidak mungkin terus bertahan di sini. Tapi kami berterima kasih kepada Pemkot dan PDP sudah mengizinkan kami menggunakan fasilitas di sini. Tidak mungkin pindah meninggalkan utang,\" imbuhnya.

Seperti diketahui, Perusahaan Daerah Pembangunan (PDP) melakukan tindakan tegas menutup akses aktivitas di kampus Akademi Maritim Cirebon (AMC) yang berlokasi di Dukuh Semar, Kamis (31/3).

Penyebabnya, karena masih memiliki tunggakan atas sewa kontrak terdahulu tahun 2019-2020 dengan (PDP). Bahkan tidak mengurus kontrak baru untuk tahun 2020 sampai 2022.

Bahkan, tindakan tegas yang dilakukan PDP didampingi langsung oleh Jaksa Pengacara Negara (JPN) dan dikawal ketat oleh aparat kepolisian.

“Hubungan kontrak antara PDP dan AMC, itu sejak 2010 mulai berjalan. Kemudian timbul permasalahan, secara kumulatif berupa tunggakan, itu ditangani oleh JPN. Sekarang sudah berangsur, cicilan bisa berjalan untuk 2019-2020. Nah 2020 sampai 2022, itu tidak ada perikatan hukum. Tidak ada kontrak sewa yang terbangun. Karena memang pihak AMC rupanya lebih fokus mencicil, tapi mengabaikan kewajibannya untuk mengadakan legalitas kontrak,” jelas Direktur Utama PD Pembangunan (PDP), Panji Amiarsa saat menuturkan kronologis perkara sampai dilakukan tindakan tegas penutupan.

Sumber: