Peringatan Hari Jadi Gunakan Bahasa Cirebon

Peringatan Hari Jadi Gunakan Bahasa Cirebon

RAKYATCIREBON.ID - DPRD Kabupaten Cirebon menggelar Rapat Paripurna istimewa Hari Ulang Tahun ke 540 Kabupaten Cirebon. Selama pelaksanaan, bahasa Cirebon digunakan.

Bahkan, bahasa yang telah ditetapkan dalam Perda Jawa Barat sebagai salah satu bahasa lokal di Jawa Barat itu digunakan full selama rapat berlangsung.

Dari mulai pembawa acara hingga sambutan Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, HM Luthfi MSi tersebut.

Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg mengatakan, penggunaan bahasa Cirebon dalam rapat paripurna tersebut sebagai salah satu upaya untuk melestarikannya.

\"Bahasa Cirebon ini sangat istimewa sehingga harus dipertahankan oleh kita semua sebagai warga Kabupaten Cirebon,\" kata Imron.

Bahkan, pihaknya berharap bahasa Cirebon tidak hanya digunakan dalam peringatan hari jadi, namun di momen peringatan hari besar lainnya. Selain itu, menurut dia, bahasa Cirebon juga harus disosialisasikan secara masif, khususnya ke kalangan generasi muda, karena merupakan bahasa yang sangat halus.

\"Bahasa Cirebon sebagai budaya yang dilestarikan oleh Pemkab Cirebon dan masyarakatnya sebagai muatan lokal,\" katanya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, HM Luthfi MSi, mengatakan, digunakannya bahasa Cirebon untuk melestarikan budaya dan menonjolkan karakteristik Cirebon.

Selain itu,  ia menyampaikan bahasa Cirebon juga telah digunakan dalam setiap rapat paripurna hari jadi Kabupaten Cirebon sejak 2016.

\"Bahasa Cirebon termasuk tiga bahasa lokal yang diatur dalam Perda Provinsi Jawa Barat, sehingga dalam rapat paripurna ini menggunakan bahasa Cirebon. Informasinya sudah dilakukan sejak 2016 lalu,\" pungkasnya. (zen)

Sumber: