Kwarcab Diminta Jadi Contoh Daerah Lain

Kwarcab Diminta Jadi Contoh Daerah Lain

RAKYATCIREBON.ID –Struktural Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Indramayu diminta harus jadi contoh bagi daerah lain di Jawa Barat. Hal ini salah satunya karena yang tergabung di organisasinya berasal dari berbagai kalangan.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil ketika melantik Bupati Indramayu Nina Agustina sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Indramayu masa bakti 2022-2027, Kamis (31/3) di Pendopo Indramayu.

Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Indramayu, Nina Agustina juga melantik Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Jajang Sudrajat sebagai Ketua Kwarcab, dan Suryadi sebagai Kepala Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Kabupaten Indramayu masa bakti 2022-2027.

Menurut Atalia, struktural Mabicab, Kwarcab, dan LPK Gerakan Pramuka Indramayu dinilai memiliki kemampuan dan proporsional.

Karena, di dalamnya diisi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai perusahaan, serta awak media. Sehingga sangat diharapkannya, semangat kepramukaan di Kota Mangga semakin menggema dan menjadi contoh untuk daerah lain di Jawa Barat.

“Struktur Organisasi dari Mabicab hingga LPK Gerakan Pramuka Kabupaten Indramayu ini sangat pentahelix sekali, tidak hanya dari pemerintah, tidak hanya dari perusahaan, tidak hanya dari media, jadi saya sangat bangga. Mudah-mudahan ini sebagai contoh untuk kwarcab-kwarcab lainnya di Jawa Barat,” ujarnya.

Atalia berharap, semangat kepramukaan di Kabupaten Indramayu dapat melaksanakan pekerjaan rumah terkait Permendikbud Nomor 63 tahun 2014. Ketentuan di dalam regulasinya, setiap anak sekolah adalah pramuka dan gerakannya bisa menggeliat sampai di seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Indramayu.

Dia mengatakan, dengan semangat kepramukaan akan dapat mencetak karakter anak-anak bangsa. Seperti leadership yang dapat ditularkan untuk kebermanfaatan semua orang lain, dan entrepreneurship untuk memberikan kontribusi banyak bagi bangsa dan negara.

“Dibalik seragam yang kita kenakan mengandung tanggung jawab yang luar biasa. Sehingga diharapkan terus menggelorakan semangat kepramukaan dengan kebanggaan apa yang dilakukan,” ungkapnya.

Kwarda Jabar juga telah menyiapkan terobosan dan inovasi yang akan diimplementasikan selama Ramadan 1443 Hijriyah nanti. Yaitu program Rantang Pramuka yang bertujuan memberikan kebaikan dan kebermanfaatan untuk orang lain.

“Terobosan inovasi ini dalam rangka kaitannya dengan bulan suci Ramadan dimana semangat kepramukaan ini diharapkan untuk saling membantu, apa yang mereka makan untuk berbuka puasa nanti untuk berbagi dengan sesama,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Nina Agustina menyampaikan kebahagiaan atas prosesi pelantikan yang dipusatkan di Pendopo Indramayu oleh Ketua Kwarda Jabar.

“Hari ini (kemarin, red) menjadi hari yang membahagiakan sekaligus bangga bagi saya, karena Ketua Kwarda Jawa Barat berkenan hadir melantik saya sebagai Ketua Mabicab Kabupaten Indramayu,” ucapnya.

Setelah dilantik, ia bersama Ketua Kwarcab Indramayu dan ranting dibawahnya akan membuat suatu gerakan kepramukaan yang positif untuk mencetak tunas-tunas bangsa di Indramayu.

Sumber: