DPRD Desak Disperdagin Dievaluasi

DPRD Desak Disperdagin Dievaluasi

RAKYATCIREBON.ID – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) didesak, agar kinerjanya dievaluasi. Hal itu, tidak lepas dari kelangkaan minyak goreng curah yang saat ini terjadi. Pasalnya Disperdagin tidak bisa memfasilitasi.

Hal itu, disampaikan ketua Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon, Mad Saleh. Ia menilai, di saat masyarakat menjerit dengan langkanya minyak goreng, kehadiran pemerintah daerah (Pemda) sangat dibutuhkan. Namun, selama ini, Pemda melalui Disperdagin tidak bisa memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan minyak goreng curah dengan mudah dan harga murah.

\"Harusnya kan Pemda melalui Disperdaging hadir di tengah-tengah masyarakat. Yakni dengan mendatangkan distributor minyak goreng ke pasar-pasar Pemda. Ini kan tidak pernah dilakukan,\" kata Mad Saleh, Senin (28/3).

Politisi PKB ini sangat menyayangkan, karena belum lama ini operasi pasar dengan membuka bazar minyak goreng murah bukan Pemda yang melakukan. Melainkan Partai Demokrat yang memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan minyak goreng curah dan murah. Bahkan di bawah HET.

\"Ini kan kalau mengerti, harus jadi pukulan telak bagi Pemda. Partai bisa memfasilitasi minyak goreng curah murah, tapi pemda melalui Disperdagin tidak bisa!\" katanya.

Ia mengaku mendukung apa yang dilakukan Partai Demokrat, karena bisa memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan minyak goreng curah dengan mudah. Dan hal itu, kata dia, harusnya dilakukan Pemda melalui Disperdagin. Apalagi, mendekati bulan Ramadan yang tentunya kebutuhan masyarakat akan minyak goreng meningkat.

\"Jadi kami mendesak Bupati mengevaluasi kinerja para pejabat Disperdagin. Kerjanya apa saja selama ini untuk mengatasi kebutuhan masyarakat? Terutama soal kelangkaan minyak goreng curah. Masa memfasilitasi  masyarakat mendapatkan minyak goreng curah saja tidak bisa!\" tegas Mad Saleh.

Seperti diketahui, selama dua hari, Sabtu-Minggu (26-27/3) Partai Demokrat di Kabupaten Cirebon melakukan operasi pasar dengan membuka bazar minyak goreng curah dengan harga di bawah HET. Operasi pasar tersebut digelar di empat titik. Salah satunya, pasar Sumber.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Cirebon, Heriyanto menjelaskan, partainya hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mempermudah mereka mendapatkan minyak goreng curah dan murah. Yakni Rp 15.000 /kg.

\"Harga ini di bawah HET untuk masyarakat dan PKL yang kemaren kegiatan kita lakukan,\" ungkap Heriyanto.

Ia berharap, operasi pasar tersebut, dapat mengatasi masalah kelangkaan minyak goreng curah di masyarakat.

\"Sekaligus bisa membantu masyarakat khususnya para pedagang kecil yang saat ini mengalami kesulitan minyak goreng,\" pungkasnya. (zen)

Sumber: