BUMD Jangan Bergantung kepada Pemerintah

BUMD Jangan Bergantung kepada Pemerintah

RAKYATCIREBON.ID - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) harus siap bersaing di era kompetisi global, serta memiliki kemampuan untuk survive di segala bidang. Dan yang tak kalah pentingnya adalah memiliki kepedulian terhadap lingkungan, pengentasan problem masyarakat sekitar dan pengembangan pengusaha kecil.

Hal tersebut disampaikan Bupati H Acep Purnama pada acara Bimbingan Teknis bagi BUMD Kabupaten Kuningan di Aula Rapat Krisna Beach Hotel Pangandaran, Minggu (27/3).  Menurut Bupati, tujuan didirikannya BUMD yaitu untuk pelayanan publik, peningkatan perekonomian daerah serta peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). “Hadirnya BUMD dapat meningkatkan pertumbuhan usaha masyarakat, sehingga akan berdampak terhadap peningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Kuningan,” ujar bupati.

Bupati meminta, untuk membangun BUMD harus siap bersaing dengan kompetitor dan jangan terjebak pada zona nyaman, serta kurangnya inovasi. Apalagi ketergantungan pada kebijakan dan suntikan permodalan dari pemerintah.

Selanjutnya, kata bupati, kinerja SDM mulai dari pimpinan, diri sendiri serta organisasi harus ditingkatkan. Hal tersebut dikarenakan peran pimpinan yang sangat berpengaruh terhadap peningkatkan kinerja SDM, peran diri sendiri yang menentukan dalam peningkatan kinerja di BUMD serta peran organisasi yang dapat mendorong motivasi kerja karyawan BUMD. 

Selain itu, BUMD dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan jangkauan serta terus bersinergi dengan kebijakan pembangunan Kuningan.  “Semoga BUMD dapat terus berinovasi dan tidak cepat merasa puas dengan kondisi yang sudah didapat dengan tetap berhati-hati. Dan cermat dalam ekspansi produk, serta menerapkan transformasi digital produk maupun layanan untuk memperluas jejaring kerja yang dapat mendukung core bisnis,” harap bupati.

Sementara Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Kuningan, Aries Susandi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi antar BUMD dan Pemerintah Daerah. “Kegiatan ini bertujuan membangun sinergitas BUMD, untuk peningkatakan kapasitas dan peningkatan pelayanan serta mempererat integrasi,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara ini, perwakilan dari BUMD Kabupaten Kuningan. Di antaranya PT LKM, Bank Kuningan, PDAM serta PDAU. (ale)

Sumber: