Pencalegan Dini, Kader PAN Borong Formulir Daftar Caleg

Pencalegan Dini, Kader PAN Borong Formulir Daftar Caleg

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN - DPD PAN Kabupaten Kuningan menggelar “Launching Pencalegan Dini” sebagai langkah persiapan menuju Pemilu 2024. Jumat siang, Rumah PAN di Jl M Toha Kuningan ramai didatangi para pengurus dan  kader dari 32 DPC.

Secara resmi, pencalegan dini dimulai dengan penabuhan gong, oleh Pembina Daerah PAN Ir H Herry Darmawan, yang juga anggota DPRD Jawa Barat. Disaksikan pula oleh ketua DPD PAN Kuningan Uba Subari.

“Menyambut 2024, setiap tingkatan harus membuka pencalegan dini. Mulai mendaftar sebagai calon anggota dewan. Nah, hari ini yang dilakukan di Kuningan membuka pencalonan, siapapun boleh daftar. Tadi dari eksternal saja sudah ada 40 calon. Gak apa-apa yang daftar banyak, nanti kita seleksi. Pendaftaran ini tidak dipungut biaya sepeser pun,” tegas Herry.

Diterangkannya, PAN memperhatikan pula kehadiran calon dari kaum perempuan, minimal 30 persen dari total caleg.  Terkait target, menurutnya target yang harus tercapai di Kuningan adalah dua orang wakil rakyat dari tiap Dapil.

“Gak muluk-muluk targetnya, kita hanya ingin satu dapil ada 2 lah. Bukan minimal tapi benar-benar target. Seperti dapilnya Haji Udin sama Pak Toto. Nah, pasti bisa itu, kalau memang persiapan dari awal seperti ini,” ungkapnya optimis.

Di level Jawa Barat, lanjut dia, pada Pemilu 2019 PAN berhasil meraih 7 kursi dari 13 dapil untuk DPRD Provinsi Jabar. Herry juga berharap kader PAN memaksimalkan kehadiran medsos, sebagai media untuk berkomunikasi dengan masyarakat di era digital.

Sementara itu, Sekretaris DPD PAN Kuningan, Toto Suharto menyebutkan, Launching Pencalegan Dini pada Jumat ini, secara resmi membuka pendaftaran. Baik untuk DPRD Kabupaten Kuningan dengan jumlah 50  peserta, maupun DPRD Provinsi dan DPR RI.

“DPD PAN sudah membentuk kepanitiaan untuk pendaftaran secara resmi di internal partai. Namanya Komite Pemenangan Pemilu Daerah KPPD. Ketuanya Pak Haji Bambang Loegina, beliau sudah membuat strukturnya lengkap, untuk pemenangan Pemilu 2024,” terang anggota DPRD Kuningan ini.

Selain caleg dari peserta baru, Toto kembali menegaskan, lima anggota Fraksi PAN saat ini wajib kembali mencalonkan diri, turut serta mendaftar di launching kali ini. Ia pun senang dengan beragamnya latar belakang caleg yang telah mendaftar.

“Peserta yang baru hadir semua, baik calon dari pensiunan PNS, pensiunan kepala desa. Ya kita terbukalah buat siapa saja untuk pencalonan dini PAN Kuningan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPPD PAN Kuningan, Bambang Loegina menuturkan, selain pensiunan PNS dan mantan Kades, caleg berkualitas lainnya yang telah mendaftar, terdapat tokoh masyarakat dan tokoh agama.   

“Alhamdulillah dari 5 dapil sudah terisi. Tinggal beberapa caleg saja mulai besok kami tetap bergerak, mencari calon berkualitas. Sehingga, pada pemilu mendatang kursi PAN Kuningan akan bertambah. Dari 5 menjadi sekian, paling tidak, PAN jadi nomor wahid,” imbuhnya.

Hingga acara launching selesai pada Jumat,  pukul 17:00 WIB, Bambang mencatat sebanyak 40 peserta memborong formulir pendaftaran yang disediakan. Formulir ini diserahkan secara langsung setelah gong ditabuh berkali-kali oleh Herry Darmawan. (bud)

Sumber: