Dukcapil Patas Berikan Adminduk untuk Lansia dengan Cepat

Dukcapil Patas Berikan Adminduk untuk Lansia dengan Cepat

RAKYATCIREBON.ID -Layanan cepat direalisasikan melalui program Dukcapil Patas dan Dokmaru di Kecamatan Kedokanbunder. Tim Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta) yang menjadi garda depan programnya tanggap dan cepat merespons laporan dengan tindaklanjut pelayanan.

Layanan Dukcapil Patas merupakan layanan cepat dan terbatas untuk memberikan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) kepada lansia, orang sakit, disabilitas, dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Sedangkan dokter masuk rumah (Dokmaru) yaitu layanan untuk menghadirkan dokter ke rumah pasien yang sedang sakit.

Dalam realisasi layanannya, Tim I-Ceta Kecamatan Kedokanbunder setelah menerima laporan dari Call Center Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) langsung berkoordinasi dengan tim Dokmaru Puskesmas Kedokanbunder.

Selanjutnya langsung menuju ke rumah yang menjadi sasaran, yakni kediaman Wastinah dan Sukadi.

Di lokasi sasaran, Tim Dokmaru Puskesmas Kedokanbunder langsung melakukan pemeriksaan terhadap kondisi umum pasien.

Hasil pemeriksaan terhadap Wastinah didapatkan diagnosa, bahwa pasien mengalami tekanan darah tinggi dan katarak. Sedangkan pasien Sukadi mengalami sakit kaki dan tidak bisa berjalan.

\"Kami sudah lakukan pemeriksaan, terhadap pasien. Kami berikan obat. Jika sudah membaik dan keluarga siap maka bisa dilakukan rujukan,\" jelas Kepala Puskesmas Kedokanbunder, dr Sumiyati kepada Rakyat Cirebon, Sabtu (12/3).

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, Mohamad Iskak Iskandar mengatakan, Wastinah dan Sukadi juga diberikan dokumen adminduk berupa KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK).

Selanjutnya adminduk yang dimiliki digunakan untuk pembuatan BPJS atau pun kebutuhan lainnya.

\"Alhamdulillah dua orang tersebut sudah diberikan adminduk dan berkolaborasi dengan layanan dokmaru, kita terus bersinergi di lapangan untuk membantu masyarakat,\" terangnya.

Camat Kedokanbunder, Atang Suwandi menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu, Nina Agustina. Karena program Dukcapil Patas dan Dokmaru sangat membantu masyarakat di kecamatan yang dipimpinnya.

\"Kami akan terus menghadirkan pemerintah di tengah masyarakat. Semoga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan,\" imbuhnya. (tar)

Sumber: