Serasa Hari Raya Idul Fitri, Warga Cijoho Shalat Subuh berjamaah

Serasa Hari Raya Idul Fitri, Warga Cijoho Shalat Subuh berjamaah

RAKYATCIREBON.ID - Ada nuansa lain di Masjid Al-Falah Kelurahan Cijoho, Kecamatan Kuningan. Ketika suara Adzan berkumndanga warga berbondong-bondong datang ke masjid untuk menunaikan  Salat Subuh berjamaah, Minggu pagi (12/3). Kejadian ini berlangsung setiap hari Minggu, sehingga terasa seperti Hari Raya Idul Fitri.

Bupati H Acep Purnama usai melaksanakan salat Subuh berjamaah di masjid tersebut mengaku bangga dan terharu melihat warga Cijoho dan sekitarnya yang berbondong-bondong melaksanakan Salat Subuh di Masjid Al-Falah. “Semoga langkah untuk memakmurkan masjid seperti ini, akan menjadi contoh juga di masjid lainnya,” ujar bupati Acep.

Dengan salat berjemaah, kata bupati, bukankah ini sesuatu yang baik dari yang terbaik. Apalagi menunaikan Salat Subuh berjamaah banyak keutamaan. Misalnya, mendatangkan keberkahan. \"Berdasarkan hadist Rasulullah SAW, keutamaan Salat Subuh berjamaah yang pertama adalah dapat mendatangkan keberkahan. Karena  Shalat Subuh merupakan salah satu aktivitas di pagi hari yang didoakan oleh Rasulullah SAW. Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya (HR Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah),\" Untuk itu, sebaiknya kita tidak menyia-nyiakan waktu Salat Subuh,\" ungkap Bupati Acep.

Sementara itu, Ketua DKM Al-Falah H Maman Hermansyah menuturkan, untuk bangunan masjid sudah bagus dan bersih. Dan yang jauh lebih penting lagi yang harus dilakukan bersama adalah memakmurkannya. Salah satunya melalui Salat Subuh berjamaah.

“Timbulnya minat masyarakat untuk salat di masjid tak lepas dari kerja bareng dengan pengurus musala yang tersebar di tiap lingkungan. Dengan mengundang jamaah Salat Subuh. Kemudian pihak DKM Al-Falah mengajak supaya setiap hari minggu melaksanakan Salat Subuh berjamaah di masjid kelurahan,” jelas Maman.

Dia mengatakan, di Masjid Al-Falah disiapkan muadzin terbaik untuk menyambut warga Cijoho dan Imam dengan bacaan terbaik. Usai mendirikan salat diisi juga dengan siraman qolbu. “Alhamdulillah hari ini Pak Bupati bisa mengisi. Selain menunaikan beribadah salat, warga yang datang mendapatkan voucher makanan senilai Rp5.000. Pihak DKM sudah menyiapkan 500 voucher, tapi yang datang lebih. Untuk makanan disediakan oleh pelaku usaha kecil yang ada di Kelurahan Cijoho,” sebut dia. 

Untuk voucher, diterangkan Maman, merupakan sumbangan dari para dermawan dan pihak DKM. Pihaknya berharap dengan memakmurkan masjid di waktu Subuh, akan meningkatkan dan mempertebal keimanan dan ketaqwaan. 

Selain itu, pihak DKM pun berikhtiar membangkitkan ekonomi dengan memasarkan kuliner UMKM di lingkungan halaman masjid. “Dan menjadi ladang beramal bagi yang mampu dengan menyediakan voucher,” harapnya. (ale)

Sumber: