Yamaha_detail

Puskesmas Sindangwangi Kembali Buka Layanan

Puskesmas Sindangwangi Kembali Buka Layanan

RAKYATCIREBON.ID- Puskesmas Sindangwangi kembali buka pelayanan kesehatan, setelah sempat ditutup sementara menyusul tiga tenaga kesehatan (nakes) di tempat itu yang diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 .

Dibukanya kembali pelayanan di Puskesmas tersebut menyusul keluarnya hasil tes PCR terhadap 45 nakes dan tenaga medis, serta beberapa warga yang diketahui kontak erat dengan 3 nakes yang positif.

Kepastian segera dibukanya pelayanan di Puskesmas Sindangwangi dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, dr H Harizal Harahap. Turunnya hasil PCR terhadap 45 nakes dan tenaga medis di Puskesmas Sindangwangi dengan hasil negatif, maka pelayanan akan segera dibuka kembali.

“Dari hasil PCR terhadap 45 petugas medis dan tenaga kesehatan serta beberapa orang yang diindikasikan kontak erat dan hasilnya negatif, maka pelayanan Puskesmas Sindangwangi kembali dibuka,” terangnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Puskesmas Sindangwangi Hj Neneng Nani Suryani kepada Rakyat Cirebon, akhir pekan lalu. Dijelaskan Neneng, sebelumnya sempat diketahui ada tiga nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga pihaknya langsung mengambil langkah dengan melakukan tes antigen kepada yang bersangkutan kemudian dan melakukan tracing terhadap rekan kerja lainya yang diketahui melakukan kontak erat. Setelah itu dilanjutkan tes PCR yang diikuti oleh 45 orang.

“Selain kita lakukan tes antigen dan PCR, kami juga langsung lakukan isolasi madiri terhadap yang bersangkutan kemudian melakukan pelacakan siapa saja yang sempat melakukan kontak erat dan diketahui ada 45 orang yang kemudian langsung kita PCR.  Alhamdulilah sekarang hasilnya sudah keluar semuanya negatif,” paparnya.

Dibukanya kembali pelayanan Puskesmas Sindangwangi, dibenarkan Camat Sindangwangi Bani Fadilah Ranandar SSTP MAp saat dihubungi via ponselnya. Untuk mengantisipasi penularan Covid-19 setelah tiga nakes positif, pihaknya meminta pelayanan Puskesmas Sindangwangi ditutup sementara sampai ada hasil tes PCR.

“Sesuai hasil konsultasi dengan pihak Dinas Kesehatan maupun tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Majalengka, maka pelayanan Puskesmas beberapa hari lalu sempat dihentikan sementara sambil menunggu instruksi selanjutnya. Sekarang sudah ada keterangan dari Satgas Covid Kabupaten dan dinas terkait sesuai hasil PCR, sehingga pelayanan kembali dibuka,” pungkasnya. (pai)

Sumber: