Yamaha_detail

Anggaran Pilkada Rp40 M dari Dana Cadangan

Anggaran Pilkada Rp40 M dari Dana Cadangan

RAKYATCIREBON.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Majalengka Drs H Eman Suherman menerima audiensi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majalengka di ruang Setda Kabupaten Majalengka, Selasa (15/2).

Kedatangan komisioner KPU tersebut tidak lain untuk membahas hasil konsultasi dan konsolidasi dengan KPU RI, terkait semakin dekatnya pelaksanaan pesta demokrasi khususnya Pilkada Majalengka.

Sekretaris Daerah Drs H Eman Suherman MM mengatakan, pihaknya berharap agar KPU bisa menjabarkan program-program kedepan dan menjabarkan secara rinci mengenai tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada yang akan dilaksanakan.

Termasuk program yang tengah disiapkan demi terselenggaranya Pilkada di Majalengka yang aman, nyaman dan sukses tanpa ekses.

Sebab, sambung dia, pelaksanaan Pilkada harus dipersiapkan secara matang dan rinci agar hasilnya bisa maksimal.

“Ini kan hajat besar yang tentunya harus dipersiapkan secara matang, terutama mengenai tahapan-tahapan yang sudah dan akan dilaksanakan KPU. Khususnya terkait semakin dekatnya Pilkada, agar nantinya hasilnya bisa lebih maksimal,” pesannya.

Sementara, Ketua KPU Majalengka Agus Syuhada menjelaskan tentang pentingnya sosialisasi mengenai pelaksanaan maupun tahapan tahapan Pilkada kepada semua lapisan masyarakat. Termasuk kaum milenial, dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat terutama dalam partisipasi publik.

Saat ini KPU Kabupaten Majalengka tengah melakukan persiapan tahapan-tahapan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Majalengka. Meski Pemilu, Pileg maupun Pilkada baru akan digelar tahun 2024, namun persiapan-persiapan harus sudah dimatangkan sejak awal.

Agus mengatakan, untuk saat ini KPU Majalengka masih belum melaksanakan agenda persiapan Pilkada maupun Pemilu. Saat ini baru sebatas mempersiapkan administrasi dan kelengkapan, serta program-program kerja KPU. Salah satunya mempersiapkan program sosialisasi tentang kepemiluan bagi para pemilih pemula dan lainnya.

Saat disinggung terkait anggaran Pilkada, Agus menjelaskan  pihaknya sudah mengajukan anggaran Rp40 miliar dan sudah mendapatkan respon dari Pemerintah Kabupaten Majalengka. Anggaran tersebut sudah diketok palu oleh DPRD.

“Terkait anggaran Pilkada kita sudah mengajukan anggaran, dan sudah ditindaklanjuti oleh pemerintah bahkan sudah diketok palu oleh DPRD Kabupaten Majalengka yang sudah menyepakati bahwa dana kebutuhan Pilkada akan dipenuhi melalui dana cadangan,” pungkasnya. (pai)

Sumber: