Yamaha_detail

Biaya Pemasangan Gratis, Biaya Bulanan Bayar

Biaya Pemasangan Gratis, Biaya Bulanan Bayar

RAKYATCIREBON.ID - Pemkab Majalengka melalui Perumda Tirta Bhakti Raharja Kabupaten Majalengka, menghadirkan program Hibah Air Minum bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Program tersebut secara resmi dilaunching Bupati Majalengka di Kecamatan Jatitujuh, Selasa (18/1).

Program terszebut merupakan wujud komitmen Pemkab Majalengka dalam rangka memberikan pelayanan terbaik, dan juga meringankan beban masyarakat khusunya dalam penyediaan air bersih.

Dalam sambutannya, Bupati Majalengka DR H Karna Sobahi MMPd menyampaikan bahwa program tersebut merupakan salah satu kebijakan Pemkab Majalengka memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat, melalui hibah penyambungan air bersih untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Pemberian hibah air bersih untuk MBR merupakan salah satu kebijakan bupati melalui Perumda Tirta Bhakti Raharja, dengan teknis biaya pemasangan awal gratis. Tetapi untuk pembiayaan bulanan masyarakat tetap wajib membayar. Besar kecilnya tagihan itu disesuaikan pemakaian atau penggunaan masyarakat terhadap air PAM tersebut,” ungkap bupati.

Program hibah air bersih untuk warga tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di tiga kecamatan penerima manfaat tersebut. Selain itu dengan tersedianya air bersih dapat meningkatkan kualitas kesehatan MBR yang mendapatkan bantuan program ini, agar dalam penggunaan air bersih dapat seefektif dan seefisien mungkin.

Bupati berpesan kepada masyarakat agar lebih berhemat menggunakan air bersih. Sebab, pembayaran bulanan bergantung kepada penggunaan.

“Program ini menjadi kebutuhan rakyat yang telah dipenuhi Pemkab Majalengka di tahun ini. Tahun kemarin juga realisasi itu sudah disalurkan ke masyarakat di wilayah utara yang paling serius terkait kebutuhan air,” ucapnya.

Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Bhakti Raharja, Hj Elina Lukitasari mengatakan kegiatan bantuan gratis penyambungan tersebut merupakan program peningkatan akses air minum yang layak melalui pemasangan sambungan rumah yang dibiayai lebih dulu melalui Penyertaan Modal Pemerintah Daerah (PMPD).

Program MBR yang dilaunching tersebut merupakan program tahun anggaran 2021, dimana Pemkab Majalengka menghibahkan air bersih di wilayah utara Majalengka sebanyak 2.100 sambungan pipa air bersih untuk 2.100 penerima manfaat di Kecamatan Jatitujuh, Kertajati, dan Ligung.

Jumlah penerima hibah air bersih untuk MBR yang disalurkan di Kecamatan Jatitujuh terdiri dari 9 desa, dengan penerima manfaat sejumlah 631 sambungan. Kecamatan Kertajati 6 desa dengan jumlah 828 sambungan, dan Kecamatan Ligung untuk 9 desa dengan jumlah 641 sambungan. (iim/rls)

Sumber: