IAIN Cirebon Gelar Upacara HAB, Rektor Minta Pegawai Tingkatkan Etos Kerja

IAIN Cirebon Gelar Upacara HAB, Rektor Minta Pegawai Tingkatkan Etos Kerja

RAKYATCIREBON.ID - IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) RI ke 76 tahun, Senin (3/1). Dalam sambutannya, Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg menekankan kemajuan lembaga di semua sektor sebagai mana amanah Kemenag.

Sumanta menjelaskan, sejak dibentuk pada tanggal 3 Januari tersebut, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang baik. Kementerian agama lahir sebagai payung teduh bagi semua agama, merawat kerukunan dan menjaga konstitusi dan Pancasila.

Di usia ke 76 ini, Kementerian Agama telah mendongkrak kemajuan di berbagai aspek dan program, dengan melihat dari indeks yang terus meningkat pada setiap tahunnya hingga di tahun 2021.

Salah satunya, seperti indeks kerukunan beragama mengalami peningkatan, 72,39 persen pada tahun 2021. Demikian juga dengan pelayanan pada KUA, termasuk hubungan baik dengan para tokoh agama, dan lainnya, baik program, koordinasi maupun pendampingan.

Demikian juga dengan laporan keuangan, telah mencapai prestasi yang gemilang selama 5 tahun berturut-turut. Untuk itu, ucapan terimakasih perlu disampaikan kepada seluruh pegawai yang sudah bekerja baik membawa institusi Kementerian Agama di tengah masyarakat.

Sumanta juga mengabarkan bahwa Kementerian Agama juga tengah mengajukan kepada Presiden untuk penghargaan Setya Lencana kepada pegawai sipil Kementerian Agama.

\"Di usia yang 76 ini, Kementerian Agama akan terus berbenah dan mempertahankan prestasi dan akan menjadi penggerak dari berbagai aktifitas untuk kemajuan dan pelayanan kepada masyarakat,\" jelas Sumanta.

Hal itu, kata Sumanta, tentu dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, baik nanti melalui percepatan infrastruktur maupun lainnya.

\"Semoga Kementerian Agama tetap berjaya dan menjadi OASE serta pengabdi dan pelayanan terbaik bagi masyarakat,\" tandasnya.

Sementara itu, di akhir upacara diumumkan para juara lomba pada peringatan HAB Kementerian Agama ke 76 dari berbagai Cabang Olahraga. Riuh tepuk tangan pun tak tertahan dan bergemuruh menyambut sang juara lomba Cabor di lingkungan civitas IAIN Cirebon. (wan)

Sumber: