Talaga Herang Masih Diminati Pengunjung

Talaga Herang Masih Diminati Pengunjung

RAKYATCIREBON.ID -Di tengah gempuran objek wisata modern, objek wisata Talaga Herang, yang merupakan objek wisata tertua di Kecamatan Sindangwangi masih diminati pengunjung.

Hanya saja jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata yang terkenal dengan telaga berair jernih itu jauh lebih sedikit dibandingkan saat di era 80an.

Dimana lokasi tersebut menjadi pusat tujuan wisata warga, bukan hanya dari Kabupaten Majalengka saja, melainkan dari luar daerah. Seperti Cirebon, Indramayu, termasuk Sumedang dan Bandung.

Menurut Maming, salah seorang pengelola wisata Talaga Herang, lokasi wisata Talaga Herang memiliki keunikan tersendiri.

Diantaranya, selain udaranya yang masih cukup sejuk, ditambah dengan panorama air telaga yang jernih, membuat betah para pengunjung.

Apalagi, kata dia, di dalam telaga terdapat ribuan ikan Mas, Nila. Termasuk ikan Koi serta ikan lainya yang cukup jinak dan sangat mudah terlihat. “Keberdaan ikan semakin mempercantik pemandangan Talaga Herang,” kata Maming kepada Rakyat Cirebon, Kamis (30/12).

menurutnya, ikan ikan tersebut, memang sengaja disebar oleh warga dan para pecinta lingkungan, dan tidak diperbolehkan untuk dipancing.

Bahkan jika ada warga yang berani mengambil ikan atau memancingnya maka ia akan dikenakan denda yang cukup besar.

Nilainya bisa sepuluh kali lipat dari harga ikan yang ia bawa, belum lagi harus berurusan dengan hukum dan lainya.

“Disini semua warga akan saling menjaga dan memelihara ikan ikan yang ada di Telaga ini, para pengunjung boleh memberi pakan namun dilarang untuk memancing atau membawa ikan tersebut,”ucapnya.

Lebih lanjut saat disinggung soal angka kunjungan saat libur natal kemarin, Maming mengungkapkan, jumlah kunjungan wisata saat libur Natal tahun lalu memang cukup sedikit.

Pasalnya, selain karena pemerintah melakukan pengetatan, masih belum stabilnya ekonomi di masyarakat kata dia menjadi salah satu penyebab turunya jumlah kunjungan wisata.

“Mudah mudahan nanti di libur tahun baru, jumlah kunjungan wisatawan akan naik kembali lah,” harapnnya.

Namun demikian pihaknya tetap mengimbau pengunjung agar tetap menjaga protokol kesehatan sebagai upaya untuk memutus rantai Covid-19, yang masih belum reda. (pai)

Sumber: