Pengunjung Objek Wisata Wajib Divaksin Dulu

Pengunjung Objek Wisata Wajib Divaksin Dulu

RAKYATCIREBON.ID-Polres Majalengka dan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka siagakan tim vaksinasi di sejumlah tempat objek wisata pada libur natal Sabtu dan Minggu 25-26 Desember 2021.

Pengunjung yang belum menjalani vaksin tahap satu diminta untuk menjalani vaksinasi terlebih dulu.

Di objek wisata lainnya yang tidak menyiapkan tim vaksinator, terhadap para pengunjung dilakukan rapid antigen sebelum memasuki kawasan wisata untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus Covid-19.

Tim vaksinator diantaranya disiagakan di objek wisata Wahana Air Jembar Water Park, Desa Ranji, Kecamatan Kasokandel, Wisata Alam Paralayang, Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka serta Wahana Air Tirta Indah, Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi. Ketiga objek wisata ini biasa menjadi pusat kunjungan wisatawan dari berbagai daerah.

Petugas vaksinator di Wahana Air Jembar Water Park berada persis di pintu masuk sebelum memasuki loket pembayaran. Sehingga mereka yang masuk lebih dulu terjaring oleh para petugas yang juga dijaga kepolisian dan TNI .

Setiap orang dewasa yang akan masuk diperiksa satu persatu kemudian mereka yang menyatakan belum menjalani vaksin tahap satu segera di edukasi petugas dan diminta untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Demikian juga dengan pengunjung yang menjawab pertanyaan petugas dengan ragu-ragu segera dicek Nomor Induk Kependudukannya dan yang ternyata belum divaksin, mereka segera diajak ke tempat pelayanan.

Elis asal Cirebon dan Sutinah asal Rajagaluh yang semula enggan divaksin akhirnya bersedia divaksin setelah diedukasi dan tidak diperkenankan masuk objek wisata wahana air karena belum menjalani vaksin tahap satu.

“Saya kan tadinya takut disuntik dan divaksin karena darah tinggi,” kata Sutinah yang datang bersama keluarganya ke wahana air.

Pemilik objek wisata Hedy Herdyana mengungkapkan, pihaknya sudah berusaha menerapkan protokol kesehatan bagi para pengunjung wahana air.

Mereka yang masuk harus mengenakan masker, di pintu masuk disediakan tempat pencuci tangan lengkap dengan sabun, penjaga pintu masuk memeriksa suhu tubuh para pengunjung serta jumlah pengunjung yang masuk juga dibatasi.

“Kami menyambut baik ketika tim vaksinator datang ke tempat kami. Karena dengan begitu berarti membantu kami juga , artinya akan semakin steril dari virus Covid-19, karena setidaknya semua yang masuk sudah di vaksin ,” ungkap Hedy.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi mengungkapkan, penempatan tim vaksinator di sejumlah objek wisata untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi di Kabupaten Majalengka serta meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Pusat keramaian masih dianggap tempat paling efektif untuk menjaring warga yang belum di vaksin seperti halnya pasar tradisional.

Sumber: